Alternatif Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka

ALTERNATIF CONTOH RPL

Perubahan kurikulum berdampak pula pada perubahan bentuk perangkat pembelajaran, begitulah yang terjadi dalam tiap-tiap perubahan kurikulum di Indonesia. Katakanlah mulai kurikulum KTSP, kurikulum 2013 dan sekarang kurikulum merdeka. Yang berubah sekarang tidak hanya bentuk perangkatnya namun istilah juga berubah seperti RPP diganti Modul Ajar, Sedangkan Silabus diganti ATP ( Alur Tujuan Pembelajaran). Istilah ini sebenarnya hanya ditujukan untuk mata pelajaran. Pertanyaanya bagaimana dengan BK (Bimbingan dan Konseling)?

Kalau kita mengacu pada regulasi yang ada yakni Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014, maka istilah yang digunakan tetap RPL (Rencana Pelaksanaan Layanan) bukan Modul Ajar seperti mata pelajaran, demikian juga tentang ATP, untuk BK menggunakan istilah Action Plan seperti yang dijelaskan dalam POP BK ( Panduan Operasional Penyelenggaraan BK ).

Terus bagaimana bentuk RPL BK Kurikulum Merdeka?

Apakah RPL BK tetap sama sesuai POP BK?

Banyak pertanyaan yang ditujukan ke saya tentang permasalahan di atas. Menurut pendapat saya bentuk RPL BK sesuai POP BK ataupun RPL BK yang mengacu pada kurikulum merdeka sebenarnya keduanya sama-sama benar karena masing-masing berpedoman pada regulasi yang ada.

Namun demikian saya mencoba memberikan alternatif contoh RPL BK khususnya pada jenjang SMP kelas 7 dan SMA kelas 10.

Untuk SMP Kelas 7 dalam pembuatan RPL BK ini berpedoman pada CL ( Capaian Layanan ) bisa dibaca atau download di Capaian Layanan (BK) SD, SMP dan SMA.

Untuk Alternatif contoh RPL BK Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP bisa downwload di bawah ini :

ALTERNATIF CONTOH RPL BK KURIKULUM MERDEKA KELAS 7

Untuk Alternatif Contoh RPL BK kelas 8 dan 9 semester Ganjil 2022/2023 bisa dilihat link di bawah ini :

ALTERNATIF CONTOH RPL BK KELAS 8 DAN 9 SEMESTER GANJIL 2022/2023

Demikian alternatif contoh yang bisa digunakan sebagai referensi bagi bapak dan ibu guru BK dalam menghadapi kurikulum merdeka.

RPL BK di atas tidak wajib digunakan dan boleh dimodifikasi sesuai kebutuhan di sekolah masing-masing,terima kasih semoga apa yang saya berikan ini bermanfaat khususya pada diri saya sendiri dan bapak/ibu guru BK pada umumnya, Aamiin….

8 komentar di “Alternatif Contoh RPL BK Kurikulum Merdeka

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh salam kenal ya Pak…. mohon info penjelasan deskripsi dan narasi tentang sejauh mana peran dan fungsi guru BK dalam mengawal kesuksesan para siswanya agar bisa berkiprah ditengah tengah masyarakat sesuai dengan pilihan bakat dan minatnya…. nuwuun

    Suka

  2. Saya selalu mengikuti rpl pak tulus karena mudah dipahami,simpel,disini sy minta contoh rpl kumer murni klas 7 semester ganjil

    Suka

Tinggalkan Komentar