Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka

IMG_20220820_164124

Implementasi layanan  BK yang bersifat komprehensif sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka,  yaitu berpusat pada peserta didik untuk mencapai perkembangan optimal  dan kemandirian secara utuh yang meliputi  aspek pribadi,  belajar, sosial, dan karir. Dengan  demikian  setiap komponen layanan  sudah disertai  dengan rencana dan implementasi yang terintegrasi dengan pencapaian Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar  Pancasila menjadi  tujuan  jangka panjang dan memayungi keseluruhan layanan bimbingan dan konseling  dalam mewujudkan peserta didik menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Panduan implementasi BK merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-  contoh  yang dapat  memandu guru dan satuan  pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan BK. Layanan yang dimaksud  meliputi  layanan  dasar, peminatan dan perencanaan individual, responsif,  dan menguatkan tumbuhnya  sistem, strategi satuan  pendidikan dalam pencegahan serta penanganan isu penting, termasuk melalui pemberdayaan keluarga, dan mitra sekolah lain.

Panduan ini merupakan bagian dari panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, sehingga perlu digunakan bersama dokumen regulasi tentang Kurikulum Merdeka,  Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Kurikulum Operasional Sekolah, dan Panduan pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila.

Isi buku panduan ini secara keseluruhan dapat di unduh di bawah ini :

PANDUAN IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING

3 komentar di “Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling Dalam Kurikulum Merdeka

Tinggalkan Komentar