Program BK dan RPL Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024

Penerapan Kurikulum Merdeka telah memasuki tahun kedua sejak diberlakukannya mulai tahun ajaran 2022/2023. Namun ada beberapa sekolah yang baru melaksanakan tahun ini. Sebagian juga masih menggunakan kurikulum lama yakni Kurikulum 2013.

Bapak/ibu Guru BK yang sekolahnya telah menerapkan Kurikulum Merdeka maka ada penyesuaian terkait dengan Perangkat BK yang harus dibuat oleh Guru BK.

Dijelaskan bahwa Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum Merdeka masih merujuk pada Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 dengan berpedoman pada buku Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling ( POP BK ) di sekolah.

Di dalam Program BK Kurikulum Merdeka ada beberapa perubahan yang perlu disesuaikan antara lain :

  1. Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling
  2. Dimensi Profil Pelajar pancasila ( PPP )
  3. Alur Tujuan Layanan/ATP ( Action Plane )

Semua perubahan tersebut dimasukkan ke dalam Program BK secara umum,sedangkan Program tahunan dan program semester masuk di dalamnya.

Untuk Rencana Pelaksanaan Layanan ( RPL ) / Modul Ajar * ( istilah untuk mapel ) juga harus disesuaikan dengan format Kurikulum Merdeka dan sudah dibahas terdahulu atau bisa di baca : Contoh RPL KURIKULUM MERDEKA.

Selanjutnya Contoh Program dan RPL Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024 dapat diunduh secara mudah di link di bawah ini :

PROGRAM BK KURIKULUM MERDEKA

RPL KELAS VII KURIKULUM MERDEKA SEMESTER GANJIL 2023-2024

RPL KELAS VIII KURIKULUM MERDEKA SEMESTER GANJIL 2023-2024

RPL KELAS IX KURIKULUM 2013 SEMESTER GANJIL 2023-2024

Demikian Contoh Perangkat layanan Bimbingan dan Konseling Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024 bisa diunduh secara gratis dan bisa kembangkan sendiri oleh bapak/ibu guru BK seluruh Indonesia dan semoga bermanfaat. Aamiin……

10 komentar di “Program BK dan RPL Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2023/2024

  1. assalamualaikum, maaf pak .. blog bapak ini sangat membantu dan pas sebagai referensi BK
    mohon juga pak contoh Untuk tingkatan SLTA, SMA/ SMK Pak. terima kasih

    Suka

  2. Alhamdulillah…. terimakasih pak. sesuai dengan namanya, berbagi ilmu dengan penuh ketulusan, semoga menjadi keberkahan untuk pak Tulus dan keluarga. Aamiin YRA.

    Suka

  3. Alhamdulillah dan terima kasih semoga jadi Ilmu yg Berkembang, Manfaat dan Barokah, Salam beraktifitas bagi kita semua “Satu Hati Seperjuangan” Amiin3X

    Suka

Tinggalkan Komentar