Tahapan Pembuatan Program Pelayanan Peminatan SMP

Dalam membuat program Pelayanan Peminatan Peserta Didik terutama di SMP, sebenarnya tidak jauh beda dengan Program Layanan Bimbingan dan Konseling secara keseluruhan seperti yang kita buat sebelumnya. Pelayanan Peminatan ini masuk ke dalam Layanan Penempatan dan Penyaluran seperti yang terdapat dalam Permendikbud No. 81A tahun 2013 Lampiran IV butir 1.d. Layanan Penempatan dan Penyaluran yaitu layanan bimbingan dan konseling yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, peminatan/lintas minat/pendalaman minat, program latihan, magang, dan kegiatan ekstrakurikuler secara terarah, obyektif dan bijak.

Namun demikian tidak ada salahnya saya beri gambaran tentang tahap-tahap program peminatan hasil dari diskusi kelompok Diklat Peningkatan Kompetensi Guru BK SMP di Bogor tahun 2013.

Tahap-tahap Pelayanan Peminatan peserta Didik SMP , bisa di DOWNLOAD di bawah ini :

12 komentar di “Tahapan Pembuatan Program Pelayanan Peminatan SMP

  1. tmkasih sebagai nara sumber materi layanan peminatan di MGBK SMP Bandar lampung saya sangat terbantu krna bisa copy disini

    Suka

  2. Terimakasih telah memuat hasil kami dalam Diklat BK di Ever Green Hotel Cisarua Bogor sebagai contoh pada teman-teman BK di Nusantara ini moga bermanfaat hasilnya dan kita dapat menyamakan persepsi serta langkah-langkah dalam memberikan layanan pada peserta didik.

    Suka

Tinggalkan Komentar