Aplikasi Sederhana Penilaian Proses dan Hasil Layanan Bimbingan Klasikal

Dalam kegiatan evaluasi program bimbingan dan konseling, guru bimbingan dan konseling / konselor harus dapat memberikan kesimpulan akhir, apakah program maupun layanan yang dilakukan berhasil atau tidak. Upaya keberhasilan program dan kegiatan layanan bimbingan dan konseling harus dilakukan dengan cara menetapkan kriteria evaluasi yang mencakup proses maupun hasil.  

Contoh aplikasi dan format penilaian proses dan hasil merupakan contoh minimal tentang kriteria-kriteria yang dapat digunakan untuk menentukan keberhasilan program bimbingan dan konseling. Yang dimaksud dengan contoh minimal berarti kriteria-kriteria evaluasi dapat dikembangkan lebih lanjut oleh guru bimbingan dan konseling/konselor sesuai dengan kebutuhan spesifik sekolah masing-masing.

Kriteria evaluasi proses dan hasil akan menjadi lebih baik manakala disusun dan dikembangkan secara rinci sesuai dengan jumlah dan variasi layanan bimbingan yang dilakukan.

Berikut contoh aplikasi sederhana yang  mungkin bisa dipraktikkan oleh guru bimbingan dan konseling/konselor di sekolah . Silahkan unduh LEMBAR EVALUASI PROSES DAN HASIL beserta APLIKASI PENGOLAHAN DATA EVALUASI.

Demikian alternatif contoh aplikasi sederhana maupun lembar evaluasi yang bisa saya share dengan harapan guru bimbingan dan konseling/konselor dapat mengembangkannya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s