Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah pendidikan karakter sebenarnya bukan merupakan hal yang baru sebab dalam setiap layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling (BK) mengisyaratkan agar dalam perencanaan program BK agar selalu berusaha untuk mengembangkan materi layanan baik pribadi, sosial, belajar dan karir yang diarahkan dalam  pembentukan  kepribadian serta memandirikan peserta didik atau yang sekarang dikenal dalam Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan sebutan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). 

Bimbingan dan konseling di  sekolah sebenarnya diselenggarakan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya dalam rangka mencapai perkembangan secara optimal. Fasilitasi di sini dimaksudkan sebagai upaya memperlancar proses, karena secara kodrati setiap manusia  berpotensi untuk berkembang.

Pernyataan di atas senada dengan yang tertuang di dalam Permendikbud Nomor 111 tahun 2014 (pasal 1) bahwa Bimbingan  dan  Konseling  adalah upaya  sistematis,  obyektif,  logis,  dan berkelanjutan serta terprogram yang dilakukan oleh konselor atau guru bimbingan dan  konseling  untuk memfasilitasi  perkembangan  peserta didik/Konseli untuk mencapai kemandirian dalam kehidupannya.

Ketika Kurikulum 2013 Revisi 2017 digulirkan dengan muatan Penguatan Pendidikan Karakter  di dalamnya, sebenarnya bimbingan dan konseling melalui Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) tahun 2016 sudah lebih dulu menerbitkan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah (POP BK) yang di dalamnya membahas tentang nilai-nilai karakter yang dalam bimbingan dan konseling disebut tugas-tugas perkembangan peserta  didik yang merupakan salah satu aspek yang harus dipahami guru bimbingan dan konseling, karena pencapaian tugas perkembangan merupakan sasaran layanan bimbingan dan konseling. Tugas perkembangan peserta didik yang telah teridentifikasi sebelumnya perlu dikembangkan lebih lanjut dalam bentuk standar kompetensi. Dalam layanan bimbingan dan konseling dikenal dengan Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik (SKKPD).

Berbicara masalah penguatan pendidikan karakter kurikulum 2013 revisi 2017 dapat digambarkan bahwa konfigurasi nilai sosial, kuktural, psikologis dikembangkan ke dalam nilai-nilai karakter seperti, religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,  kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab. Nah, nilai-nilai ini akan mengkristal menjadi nilai utama yakni religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas. Sedangkan di dalam POP BK 2016 nilai karakter ini masuk dalam aspek perkembangan yang terdapat dalam SKKPD seperti landasan hidup religius, landasan perilaku etis, kematangan emosi, kematangan intelektual, kesadaran tanggung jawab sosial, kesadaran gender, pengembangan pribadi, perilaku kewirausahaan/kemandirian perilaku ekonomis, wawasan dan kesiapan karir, kematangan hubungan dengan teman sebaya. Aspek perkembangan tersebut akan digunakan untuk mempersiapkan rancangan pelaksanaan dari berbagai kegiatan layanan bimbingan dan konseling.

Melihat gambaran di atas sudah jelas bahwa nilai pendidikan karakter juga dikembangkan di bimbingan dan konseling sejalan dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Nilai-nilai karakter menurut Perpres di atas dapat dideskripsikan sebagai berikut :

No Nilai Deskripsi
1 Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2 Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan dan pekerjaan.
3 Toleransi Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap dan tindakan orang lain yang berbeda dengan dirinya.
4 Disiplin Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5 Kerja keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengaatasi berbagai hambatan belajar dan tugas serta menyelesaikan tugas dengaan sebaik-baiknya.
6 Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari apa yang telah dimiliki.
7 Mandiri Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8 Demokratis Cara berfikir, bersikap dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9 Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari apa yang dipelajarinya, dilihat dan didengar.
10 Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan wawasaan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11 Cinta Tanah Air Cara berpikir, bersikap dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya.
12 Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui dan menghormati keberhasilan orang lain.
13 Komunikatif Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul dan bekerja sama dengan orang lain.
14 Cinta Damai Sikap, perkataan dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15 Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16 Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17 Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin member bantuan bagi orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18 Tanggung Jawab Sikap dan perilaku seseorang dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), Negara dan Tuhan YME.

 

Sedangkan nilai-nilai karakter dalam bimbingan dan konseling sesuai dengan POP BK Tahun 2016 dapat digambarkan sebagai berikut:

No. Tugas Perkembangan Aspek Perkembangan
1 Mencapai perkembangan diri sebagai remaja yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME Landasan Hidup Religius
2 Mengenal sistem etika dan nilai-nilai bagi pedoman hidup sebagai pribadi ,anggota masyarakat dan minat manusia Landasan Perilaku Etis
3 Mengenal gambaran dan mengembangkan sikap tentang kehidupan mandiri secara emosional, sosial, dan ekonomi. Kematangan Emosi
4 Mengembangkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kebutuhannya untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan/atau mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan masyarakat. Kematangan Intelektual
5 Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan sosial yang lebih luas. Kesadaran Tanggung Jawab Sosial

 

6 Mencapai pola hubungan yang baik dengan teman sebaya dalam peranannya sebagai pria dan wanita. Kesadaran Gender
7 Mempersiapkan diri, menerima dan bersikap positip serta dinamis terhadap perubahan fisik dan psikis yang terjadi pada diri sendiri untuk kehidupan yang sehat. Pengembangan Pribadi
8 Memiliki kemandirian perilaku ekonomis Perilaku Kewirausahaan

/Kemadirian Perilaku Ekonomis

9 Mengenal kemampuan, bakat, minat, serta arah kecenderungan karir dan apresiasi seni Wawasan dan Kesiapan Karir
10 Mencapai kematangan hubungan dengan teman sebaya Kematangan Hubungan dengan Teman Sebaya

Dari melihat nilai-nilai karakter di atas guru bimbingan dan konseling dapat menambahkan nilai karakter yang dikehendaki dalam format layanan sebagai alternatif dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Layanan (RPL) BK, walau sebenarnya secara garis besar sudah ada kesamaan antara nilai-nilai karakter dalam PPK dan POP BK.

Iklan

2 thoughts on “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s