Peran Guru BK Dalam Penilaian Sikap Sesuai Kurikulum 2013 Revisi

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud telah menerbitkan buku panduan penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) sejak bulan Desember 2015. Unduh buku panduan penilaian SMP ( DI SINI ). Sedangkan buku panduan penilaian untuk SD,SMA dan SMK dapat lihat di laman Buku dan Modul BK .

Dalam Kurikulum 2013 Revisi guru dituntut untuk melakukan penilaian terhadap siswa bimbingannya. Penilaian meliputi penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan. Khusus guru bimbingan dan konseling ( BK ) penilaian yang dilakukan hanya penilaian sikap meliputi sikap sosial dan spiritual. Penilaian dilakukan oleh guru mata pelajaran, guru bimbingan dan konseling ( BK ), dan wali kelas (selama siswa di luar jam pelajaran) yang ditulis dalam buku jurnal ( yang selanjutnya disebut jurnal).

Jurnal berisi catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertentu (incidental record), dan informasi lain yang  valid  dan  relevan.  Jurnal  tidak hanya  didasarkan  pada  apa  yang  dilihat langsung  oleh  guru,  wali  kelas, dan  guru  BK,  tetapi  juga  informasi  lain  yang relevan dan valid yang diterima dari berbagai sumber. Selain itu, penilaian diri dan penilaian antarteman dapat dilakukan dalam rangka pembinaan dan pembentukan karakter siswa, yang hasilnya dapat dijadikan sebagai salah satu data konfirmasi dari hasil penilaian sikap oleh pendidik. Skema penilaian sikap dapat dilihat pada gambar berikut.

bagan1Observasi

Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar observasi atau jurnal. Lembar observasi atau jurnal tersebut berisi kolom catatan perilaku yang diisi oleh guru  mata  pelajaran,  wali  kelas,  dan  guru  BK  berdasarkan pengamatan  dari perilaku siswa yang muncul secara alami selama satu semester. Perilaku siswa yang dicatat di dalam jurnal pada dasarnya adalah perilaku yang sangat baik dan/atau kurang baik yang berkaitan dengan indikator dari sikap spiritual dan sikap sosial. Setiap catatan memuat deskripsi perilaku yang dilengkapi dengan waktu dan tempat teramatinya perilaku tersebut. Catatan tersebut disusun berdasarkan waktu kejadian.

Apabila seorang siswa pernah memiliki catatan sikap yang kurang baik, jika pada kesempatan lain siswa tersebut telah menunjukkan perkembangan sikap (menuju atau konsisten) baik pada aspek atau indikator sikap  yang dimaksud,  maka di dalam jurnal harus ditulis bahwa sikap siswa tersebut telah (menuju atau konsisten) baik atau bahkan sangat baik. Dengan demikian, yang dicatat dalam jurnal tidak terbatas pada sikap kurang baik dan sangat baik, tetapi juga setiap perkembangan sikap menuju sikap yang diharapkan.

Berdasarkan kumpulan catatan tersebut guru membuat deskripsi penilaian sikap untuk satu semester. Berikut ini contoh lembar observasi selama satu semester. Sekolah/guru dapat menggunakan lembar observasi dengan format lain, misalnya dengan menambahkan kolom saran tindak lanjut.

Contoh Jurnal Perkembangan Sikap

No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
2
3

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan penilaian (mengikuti perkembangan) sikap dengan teknik observasi:

  1. Jurnal penilaian (perkembangan) sikap ditulis oleh wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK selama periode satu semester;
  2. Bagi wali kelas, 1 (satu) jurnal digunakan untuk satu kelas yang menjadi tanggung-jawabnya;   bagi guru mata pelajaran 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas yang diajarnya; bagi guru BK 1 (satu) jurnal digunakan untuk setiap kelas di bawah bimbingannya;
  3. Perkembangan sikap sipritual dan sikap sosial siswa dapat dicatat dalam satu jurnal atau dalam 2 (dua) jurnal yang terpisah;
  4. Siswa yang dicatat  dalam  jurnal  pada  dasarnya  adalah  mereka  yang menunjukkan perilaku yang sangat baik atau kurang baik secara alami (siswa-siswa  yang  menunjukkan  sikap  baik  tidak  harus  dicatat  dalam jurnal);
  5. Perilaku sangat baik atau kurang baik yang dicatat dalam jurnal tersebut tidak terbatas pada butir-butir nilai sikap (perilaku) yang hendak ditanamkan melalui pembelajaran yang saat itu sedang berlangsung sebagaimana dirancang dalam  RPP,  tetapi  juga  butir-butir  nilai  sikap lainnya yang ditumbuhkan dalam semester itu selama sikap tersebut ditunjukkan oleh siswa melalui perilakunya secara alami;
  6. Wali kelas, guru mata pelajaran, dan guru BK mencatat (perkembangan) sikap siswa segera setelah mereka menyaksikan dan/atau memperoleh informasi terpercaya  mengenai  perilaku  siswa  sangat  baik/kurang  baik yang ditunjukkan siswa secara alami;
  7. Apabila siswa tertentu PERNAH menunjukkan sikap kurang baik, ketika yang bersangkutan telah (mulai) menunjukkan sikap yang baik (sesuai harapan), sikap yang (mulai) baik tersebut harus dicatat dalam jurnal;.
  8. Pada  akhir  semester   guru   mata  pelajaran   dan  guru   BK   meringkas perkembangan   sikap   spiritual   dan   sikap   sosial   setiap   siswa   dan menyerahkan  ringkasan  tersebut  kepada  wali  kelas  untuk  diolah  lebih lanjut;

Contoh Jurnal perkembangan Sikap Spiritual

Nama Sekolah : SMP…………………    

Kelas/Semester : VII/ Ganjil  

Tahun Pelajaran : 2016/2017

No

Waktu
NamaSiswa
Catatan Perilaku
ButirSikap
1. 21/07/16 Alif ·Tidak mengikuti sholat Jumat yang diselenggarakan di sekolah. Ketaqwaan
Achmad ·Mengganggu   teman   yang   sedang berdoa    sebelum  makan  siang  di kantin. Ketaqwaan
2. 22/07/16 Burhan ·Mengajak temannya untuk berdoa sebelum pertandingan sepakbola di lapangan olahraga sekolah. Ketaqwaan
Andi ·Mengingatkan temannya untuk melaksanakan sholat Dzuhur disekolah.  

Toleransi beragama

3. 24/07/16 Dinda ·Ikut membantu temannya untuk mempersiapkan perayaan

keagamaan yang berbeda dengan agamanya di sekolah.

 

Toleransi beragama

4. 28/07/16 Yunita ·Menjadi anggota panitia perayaan keagamaan di sekolah. Ketaqwaan
5. 29/07/16 Ani ·Mengajak temannya untuk berdoa sebelum praktik memasak di R. keterampilan. Ketaqwaan

Contoh Jurnal perkembangan Sikap Sosial        

Nama Sekolah : SMP…………………    

Kelas/Semester : VII/ Ganjil  

Tahun Pelajaran : 2016/2017                                         

No

Tanggal
NamaSiswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1. 12/07/14 Fajar Menolong   orang   lanjut   usia   untuk menyeberang jalan di depan sekolah. Kepedulian
2. 26/08/14 Rachmad Berbohong ketika ditanya alasan tidak masuk sekolah di ruang guru. Kejujuran
3. 25/09/14 Saskia Menyerahkan  dompet   yang ditemukannya    di    halaman    sekolah kepada Satpam sekolah. Kejujuran
4. 07/09/14 Fitra Tidak  menyerahkan  “surat  ijin  tidak masuk    sekolah”    dari    orangtuanya kepada guru. Tanggung

jawab

5. 25/10/14 Andi Terlambat    mengikuti    upacara    di sekolah. Kedisiplinan
6. 08/12/14 Fatkhur Mempengaruhi    teman    untuk    tidak masuk sekolah. Kedisiplinan
7. 15/12/14 Dinda Memungut sampah yang berserakan di halaman sekolah. Kebersihan
8. 17/12/14 Dinda Mengkoordinir   teman-teman sekelasnya mengumpulkan    bantuan untuk korban bencana alam. Kepedulian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

One thought on “Peran Guru BK Dalam Penilaian Sikap Sesuai Kurikulum 2013 Revisi

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s