Uji Kompetensi Guru Digelar Nopember 2015

ukgPelaksanaaan Uji Kompetensi Guru ( UKG ) tahun 2015 akan digelar sekitar pertengahan bulan Nopember 2015, ini sesuai dengan surat edaran dari Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan ( Dirjen GTK ) Nomor : 2825 / B/PR/2015 yang ditujukan kepada Kepala Dinas Propinsi dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.

Dalam surat edaran itu dijelaskan bahwa UKG dilaksanakan dalam rangka pemetaan kompetensi pedagogik dan profesional guru sesuai bidang atau mata pelajaran yang diampu untuk 3.015.315 guru dan dalam rangka pemenuhan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ( RPJMN) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  yaitu rata-rata kompetensi guru pada tahun 2019 mencapai angka delapan (8.00).

Direktorat jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan  (GTK) kemendikbud  akan melaksanakan Uji Kompetensi Guru (UKG) terhadap 3.015.315 guru pada pertengahan bulan Nopember tahun 2015. Uji Kompetensi Guru ini akan dilaksanakan dengan cara online di sekolah yang telah memiliki fasilitas internet dan offline bagi kabupaten yang belum siap.

Sebagai catatan bahwa pada tahun 2012 telah dilaksanakan UKG online dan offline bagi guru dan kepala sekolah. Hasil UKG tersebut menunjukkan nilai rata-rata 4,7 ,dari hasil tersebut harapnnya di tahun 2015 ini Kepala Dinas Propinsi dan Kabupaten/Kota memberikan motivasi kepada guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kompetensinya.

Dalam rangka untuk menunjang kelancaran pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) diperlukan peran aktif dari Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dalam membantu persiapan dan pelaksanaannya antara lain :

  1. Sosialisasi Pelaksanaan UKG tahun 2015 ke guru dan Kepala Sekolah.
  2. Penyiapan Infrastruktur Tempat Uji Kompetensi (TUK)
  3. Persiapan pelasanaan UKG secara Nasional yang akan dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemendikbud sekitar bulan September 2015.

Surat Edaran Dirjen GTK dapat di unduh di bawah ini :

Surat Edaran Nomor : 2825/B/PR/2015

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s