Pengembangan Materi Layanan Bimbingan Klasikal

Bagaimana layanan bimbingan dan konseling menarik dan bermakna bagi peserta didik ?

Jawabannya tergantung kepada diri guru BK saat memberikan materi layanan di kelas / klasikal. Materi layanan yang di sampaikan  merupakan bagian penting dalam pelaksanaan layanan BK di sekolah. Melalui pengembangan materi Guru BK  akan lebih mudah dalam memberikan layanan BK yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Materi BK sebagai pedoman bagi Guru BK dalam mengarahkan aktivitas peserta didik dalam proses pemberian layanan, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dimiliki peserta didik.Untuk mempersiapkan materi layanan perlu adannya bahan bimbingan yang digunakan untuk membantu guru BK atau pihak lain dalam melaksanakan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Bahan bimbingan yang dimaksud adalah  seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan /suasana yang memungkinkan guru BK untuk membantu peserta  didik.

JENIS BAHAN PENGEMBANGAN MATERI

A. BAHAN TERTULIS

  1. Hand-out
  2. Buku
  3. Modul
  4. Lembar Siswa
  5. Brosur
  6. Leaflet

1. HANDOUT

  • Pernyataan yang telah disiapkan oleh guru BK.
  • Bahan bimbingan tertulis yang disiapkan oleh guru BK untuk memperkaya pengetahuan peserta didik.
  • Biasanya diambil dari beberapa literatur yang memiliki relevansi dengan materi yang diberikan

2. BUKU

  • Bahan bimbingan tertulis yang menyajikan ilmu pengetahuan buah pikir pengarangnya.
  • Sejumlah lembaran kertas baik cetakan maupun yang dijilid dan diberi kulit.
  • Ditulis dengan bahasa yang benar dan mudah dimengerti, disajikan secara menarik dilengkapi dengan gambar dan keterangan-keterangannya.

3. MODUL

  • Sebuah buku yang ditulis dengan tujuan agar peserta didik dapat secara mandiri tanpa/dengan bimbingan guru BK.
  • Modul akan bermakna kalau peserta didik dapat dengan mudah menggunakannya.
  • Memungkinkan peserta didik yang memiliki ketekunan dan kecepatan tinggi akan lebih cepat memahami modul yang diberikan.
  • Disajikan dengan menggunakan bahasa yang baik, menarik dan dilengkapi dengan ilustrasi.

4. LEMBAR SISWA

  • Lembaran-lembaran berisi tugas atau kegiatan yang harus dilakukan peserta didik.
  • Tugas teoritis: membaca artikel, meresume, dan mempresentasikan/ditanggapi.
  • Tugas praktis: survey, wawancara, observasi

5. BROSUR

  • Bahan informasi tertulis mengenai suatu masalah yang disusun secara bersistem atau cetakan yang hanya terdiri atas beberapa halaman dan lipatan tanpa dijilid.
  • Selebaran cetakan yang berisi keterangan singkat tetapi lengkap tentang perusahaan atau organisasi.

6. LEAFLET

  • Bahan bimbingan cetak tertulis berupa lembaran yang dilipat tapi tidak dimatikan/dijahid.
  • Didesain secara cermat dilengkapi dengan ilustrasi dan menggunakan bahasa yang sederhana, singkat, serta mudah dipahami.

B. BAHAN TIDAK TERTULIS

  1. Wallchart
  2. Foto/gambar
  3. Model/maket
  4. Video/film
  5. Orang/nara sumber
  6. Lingkungan

1. WALLCHART

  • Bahan bimbingan cetak, biasanya berupa bagan siklus/proses atau grafik yang bermakna untuk menunjukkan posisi tertentu.
  • Didesain dengan tata warna dan pengaturan proporsi yang baik

2. FOTO/GAMBAR

  • Hendaknya dirancang dengan baik agar setelah melihat sebuah atau serangkaian foto/gambar siswa dapat melakukan sesuatu yang pada akhirnya mampu mengambil sebuah hikmah dalam rangka pengambilan keputusan.
  • Melihat sebuah foto/gambar lebih bermakna dari pada membaca atau mendengar.
  • Didesain secara baik.

3. MODEL/MAKET

  • Didesain secara baik agar memberikan makna yang hampir sama dengan model aslinya.
  • Ukuran 1 : 1 atau ukuran yang lebih kecil.
  • Lebih baik kalau dilengkapi dengan bahan tulisan agar mudah memudahkan guru pembimbing maupun siswa dalam proses bimbingan.

4. VIDEO/FILM

  • Umumnya dibuat dalam rancangan skenario lengkap, sehingga setiap akhir penayangan video siswa mengambil manfaat dari tayangan tersebut.
  • Siswa dapat belajar sendiri
  • Dapat diulang-ulang
  • Menampilkan sesuatu yang detail dari benda yang bergerak, komplek yang sulit dilihat mata.
  • Dapat dipercepat maupun diperlambat, dapat diperbesar.
  • Digunakan sebagai tampilan nyata.

6. ALAT BANTU INTERAKTIF

  • Kombinasi dari 2 atau lebih media yang oleh penggunanya dimanipulasi untuk mengendalikan perintah dan atau perilaku alami dari suatu presentasi.
  • Dirancang secara lengkap mulai dari petunjuk penggunaan dan penilaiannya.
  • Utuk menyiapkan didukung pengetahuan dan keterampilan yang memadai.

CONTOH
PENGEMBANGAN MATERI BIDANG PRIBADI

  1. Judul                              :  BERBAKTI KEPADA ORANG TUA
  2. Tugas perkembangan :  Memantapkan nilai dan cara bertingkah laku yang dapat diterima dalam kehidupan yang lebih luas.
  3. Bidang bimbingan       : PRIBADI
  4. Jenis layanan               : Penguasaan Konten
  5. Kelas/semester            : VII/II
  6. Kompetensi                 : peserta didik dapat bertingkah laku dalam berbakti kepada orang tua
  7. Alokasi waktu             : 2×40 menit

Pengembangan materi layanan BK

Guru BK memutarkan Video atau film tentang BUNDA

Video/film dapat di download di SINI

REFLEKSI

1. Saya selalu memohon maaf kepada ibu setiap hari atas segala kehilafan saya

  • Komentar ………………………….

2. Saya selalu memeluk ibu setiap pulang sekolah

  • Komentar …………………………..

3. Saya suka mencium kaki ibu

  • Komentar …………………………..

4. Saya selalu mengenang semua cinta kasih sayang ibu

  • Komentar ………………………….

REFLEKSI

1. Saya akan memohon maaf kepada ibu setiap hari atas segala kehilafan saya

  • Komentar ………………………….

2. Saya akan memeluk ibu setiap pulang sekolah

  • Komentar …………………………..

3. Pulang sekolah saya akan mencium kaki ibu

  • Komentar …………………………..

4. Saya akan mengenang semua cinta kasih sayang ibu

  • Komentar ………………………….

PENILAIAN

  1. Pesan apa yang terkandung dari dari tayangan tadi?
  2. Coba kamu ungkapkan perasaanmu setelah mendapatkan layanan informasi melalui tayangan tentang “IBU” tadi?
  3. Rencana apa yang akan kamu lakukan setelah mendapatkan layanan informasi melalui tayangan tentang “IBU” tadi?

 

CONTOH
PENGEMBANGAN MATERI BIDANG KARIR

  1. Judul                              :  INFORMASI DUNIA KERJA
  2. Tugas perkembangan :  mengembangkan pengetahuan dan keterampilan untuk mengikuti dan melanjutkan pelajaran dan mempersiapkan karir serta berperan dalam kehidupan bermasyarakat.
  3. Bidang bimbingan       : KARIER
  4. Jenis layanan               : informasi
  5. Kelas/semester            : IX/II
  6. Kompetensi                 : Peserta didik dapat merencanakan pekerjaan atau karir sesuai dengan potensi dan kelayakan daerahnya.
  7. Alokasi waktu             : 2×40 menit

Tujuan Pelayanan

1. Pemahaman baru :

  • Agar peserta didik dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta merencanakan dunia kerja atau KARIR yang di tekuninya.

2. Perasaan positif :

  • Peserta didik dapat merasa senang mendapatkan informasi tentang dunia kerja

3. Rencana kegiatan pelayanan yang akan di laksanakan :

  • Agar peserta didik dapat informasi jenis pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan ,bakat dan minatnya

Materi : Pengenalan macam-macam jenis pekerjaan

  • Petani
  • sopir
  • pedagang
  • montir
  • guru/dosen
  • klining servis
  • pegawai kantor
  • teknisi
  • polisi/ABRI
  • salon
  • perawat
  • kontraktor
  • dokter
  • tukang jahit
  • bidan
  • jaksa
  • Pramugari
  • pramuwisma
  • Pilot
  • pramu niaga

Kegiatan Layanan

  • guru bertanya kepada siswa tentang jenis-jenis pekerjaan yang diketahuinya
  • guru menjelaskan beberapa jenis pekerjaan yang diminati peserta didik
  • guru memberikan contoh jenis pekerjaan yang memiliki prospek yang cerah

Tugas:

  • Menulis jenis-jenis pekerjaan berikut syarat-syarat yang dibutuhkan
  • Membuat surat lamaran pekerjaan.

Penilaian

  1. Tes
  • Jelaskan beberapa contoh pekerjaan yang kamu ketahui
  • Tulis jenis pekerjaan yang kamu minati
  • Tulis contoh jenis pekerjaan yang mempunyai prospek cerah pada masa yang akan datang

2. Non tes

Wawancara, angket

Laiseg

U  ( Understanding ) : Peserta didik mengetahui jenis pekerjaan yang akan di                                            pilihnya

C  ( Confort )               : Peserta didik merasa senang dan terbantu untuk

pekerjaan  yang sesuai dengan dirinya

A  ( Action )                : Peserta didik akan memilih pekerjaan yang sesuai

dengan    kemampuannya

One thought on “Pengembangan Materi Layanan Bimbingan Klasikal

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s