Tahapan Pembuatan Rekomendasi Peminatan Siswa SMP

PeminatanDalam rangka membantu siswa menentukan arah peminatan di SMA, khususnya siswa kelas IX SMP maka peran guru BK / Konselor sangat dibutuhkan untuk mengarahkan siswa sesuai dengan bakat dan minatnya.

Dalam kegiatan ini masih banyak guru BK / Konselor yang belum melakukan dengan berbagai macam sebab sehingga pelaksanaan di masing- masing sekolah masih bersifat fakultatif. Faktor penyebab yang paling banyak ternyata mereka bingung bagaimana cara membuat rekomendasi peminatan, karena ini dianggap hal yang baru. Hal lain yang menyebabkan mengapa guru BK / Konselor juga belum melaksanakan sebab kepala sekolah belum memberikan tugas untuk itu, selain itu guru BK / konselor SMA juga belum seragam dalam menentukan penting atau tidaknya rekomendasi peminatan dari guru BK /konselor SMP.

Beberapa daerah tahun ini ada yang sudah mulai melaksanakan secara menyeluruh dengan melalui surat edaran langsung dari Kepala Dinas Pendidikan bahwa seluruh guru BK / konselor harus membuat rekomendasi peminatan bagi kelas IX SMP sesuai dengan tugas dan fungsi BK.

Fungsi layanan bimbingan dan konseling yang diberikan kepada siswa ini merupakan layanan penempatan dan penyaluran yang berupa Rekomendasi Peminatan sesuai dengan tahapan dalam Kurikulum 2013.

Untuk menyikapi berbagai macam kesulitan yang dihadapi guru BK/Konselor saya berusaha membantu  membuat Rekomendasi Peminatan yang tidak baku dalam arti bisa ditambah dan dikurangi.

Tahapan Pembuatan Rekomendasi Peminatan Siswa SMP ( dapat di download di bawah ini ) :

  1. Angket Pengumpulan Data
  2. Rekapitulasi Data Peminatan Siswa
  3. Format Lembar Peminatan Siswa

Dalam pengisian format lembar peminatan tentunya banyak membutuhkan waktu karena harus memasukkan data siswa satu persatu. Namun saya berusaha untuk membatu meringankan tugas guru BK/konselor agar tugas yang dibebankan menjadi mudah dan cepat selesai.

Pengisian format lembar peminatan ini menggunakan Microsoft Office Word 2007 , agar cepat kita gunakan Mail Merge. 

Tahapan – tahapan dalam penggunaan mail merge dapat di lihat dalam tampilan di bawah ini :

Tahap 1 : Tampilan Format Lembar Peminatan

1

Tahap 2 :Klik Maillings

2

Tahap 3 : Klik Select Recipients kemudian klik Use Existing List…

3

Tahap 4 : Cari file Rekap data Peminatan siswa ( format excel ) di komputer anda.

4

Tahap 5 : Klik OK

5

Tahap 6 : Klik Insert Merge Field

6

Tahap 7 : Letakkan crusor di sebelah kanan nomor urut ( di depan tanda ” : ” ) setelah itu klik satu kali , kemudian klik Insert Merge Field ( pilih Nomor urut ) . Demikian seterusnya sampai isian selesai

7

Tahap 8 : Klik Preview Results

8

Tahap 9 : Untuk menampilkan data siswa satu per satu klik tanda segitiga sebelah kanan seperti di tunjukkan tanda panah.

9

Tahap 10 : Untuk proses print klik Finish & Merge kemudian pilih Print Documents…

10

Tahap 11 : Untuk Print yang lebih banyak ketik angka yang di kehendaki ( misal : From 1 To 36 ) kemudian klik OK.

11

Demikian Tahapan-tahapan Rekomendasi Peminatan yang bisa saya share mudah-mudahan bermanfaat khususnya bagi saya pribadi dan bagi seluruh guru BK / Konselor pada umumnya.

 

11 thoughts on “Tahapan Pembuatan Rekomendasi Peminatan Siswa SMP

  1. Allah Maha Besar … semoga Bapak selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang nan Berkah, Aamiin.

    Suka

  2. Subhanallah luar biasa,sudah komplit..bermanfaat sekali bagi kami Guru BK..trima kasih banyak pakk…smg Tuhan membalas dengan berlimpahan keberkahan dan kebaikan di dunia dan akhirat

    Suka

  3. HEBAT BOS,TAPI AQU BINGUNG.AQ LEBIH SENANG KALAU BELAJAR LANGSUNG DARI JENENGAN,KAPAN ADA WAKTU LUANG? TAPI AQ SEMENTARA INI HARUS ISTIRAHAT DULU BOS.

    Suka

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s