Permasalahan Sekitar Penilaian Kinerja Guru ( BK )

Latar belakang diadakannya Penilaiaan Kinerja Guru (PKG) didasarkan pada Permennegpan & RB No. 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru  dan Angka Kreditnya dan dipertegas  dengan terbitnya Permendiknas No.35 Tahun  2010 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Kalau berpedoman pada kedua peraturan menteri tersebut di atas seharusnya awal Januari tahun 2013 pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) harus sudah dilaksanakan sesuai bunyi pada pasal 4 : Penilaian kinerja guru yang didasarkan pada Peraturan Menteri  ini berlaku  secara  efektif mulai tanggal 1 Januari  2013.  Sehubungan dengan pelaksanaan Penilaiaan Kinerja Guru ( PKG ) ini Kementerian Pendidikan Nasional melaui Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan ( PMPTK ) telah menerbitkan beberapa buku pedoman. Khusus untuk pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru  dibahas di buku 2.

Buku 2 :Tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ( PKG ) ini terbitkan dan disyahkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional melalui Dirjen PMPTK pada tahun 2010. Dalam buku 2 ini khusus Penilaian Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling ( PKG-BK ) diatur khusus dalam halaman 89-137 pada Lampiran 2 tentang Instrumen PK Guru Bimbingan dan Konseling /konselor.

Seiring berjalannya waktu pelaksanaan PK Guru ternyata banyak mengalami kendala, banyak faktor yang menyebabkan tertunda pelaksanaannya mulai dari persiapan ditingkat guru, sekolah, dinas pendidikan kabupaten/kota bahkan di tingkat pusat yang pembuat kebijakan terkesan gamang, terbukti dengan adanya diterbitkannya lagi buku 2 tahun 2012. Buku yang dimaksud yakni Buku 2 : Tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru  buku ini diterbitkan pada tahun 2012 oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Pengembangan Profesi Pendidik ( BPSDMP-PMP ). Buku 2 terbitan tahun 2012 menurut pengamatan saya belum  disyahkan  karena belum ada tanda tangan dan stempel. Di dalam buku 2 tahun 2012 ini Instrumen Penilaian Kinerja Guru BK berjumlah 18 Kompetensi.

Penilaian Kinerja Guru belum juga dilaksanakan namun Kemendikbud melalui BPSDMP-PMP bermaksud menyempurnakan lagi  Buku 2 tahun  2012. Buku 2 ini  tentang Pedoman Pengelolan dan Pelaksanaan Penilain Kinerja Guru, buku 2 beserta lampirannya ini masih berupa draft menunggu pengesahan.

Pelatihan-pelatihan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) termasuk PKG-BK sudah sering dilakukan baik secara mandiri maupun kedinasan. Dalam diklat tersebut antara Kabupaten / Kota berbeda dalam penggunaan instrumen (  PKG- BK ). Mereka masing-masing mempunyai alasan yang logis dan semua benar, terpenting bisa dimengerti dan dapat dilaksanakan. Sebagian Guru BK* sudah faham Instrumen PKG-BK tapi juga tidak sedikit yang belum faham. Di saat Guru BK/Konselor kebingungan menggunakan instrumen yang mana?, Kemendikbud telah membuat draft penyempurnaan buku 2.

Pertanyaanya kalau begitu khusus PKG-BK  menggunakan instrumen yang mana?

Kalau berpedoman pada dasar hukum yang jelas  Permendiknas No.35 Tahun  2010  yang sampai saat ini (tulisan dibuat) belum ada pengganti peraturan menteri yang baru serta Buku 2 :Tentang Pedoman Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru ( PKG )  yang telah disahkan penggunaannya, maka menurut hemat  saya tetap  menggunakan pedoman yang lama.

Namun prinsip harus tetap dipakai,  menggunakan instrumen PKG-BK yang lama atau baru tidak ada masalah yang penting dimengerti dan dapat dilaksanakan  oleh asesor dan guru BK/konselor  yang dinilai.

Semoga segenap Guru BK/Konselor yang berstatus PNS dapat melalui proses PKG-BK ini dengan lancar tanpa hambatan sesuai dengan harapan untuk mencapai  angka kredit yang dipersyaratkan. Untuk semua pihak terutama pembuat kebijakan saya mohon maaf kalau interpretasi dalam tulisan saya ini salah.

Artikel serupa bisa di baca di bawah ini :

5 thoughts on “Permasalahan Sekitar Penilaian Kinerja Guru ( BK )

  1. tank ….. banyak pengetahuan yang aku peroleh, kutunggu edisi tahun baru …………2014

    Suka

  2. pak, kalau sampai bulan desember 2013 belum melaksanakan PKG-BK bagaimana, dan informasi terakhir PKG-BK menggunakan instrumen lama benarkah?

    Suka

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s