[ Download]Modul Pedoman Implementasi BK Dalam Kurikulum 2013

Dalam tulisan ini akan kami share kepada seluruh Guru BK/Konselor sekolah khususnya Guru BK SMA/SMK dalam bentuk modul dari hasil Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 untuk Guru BK/Konselor dari P4TK-BK, ada 5 modul pedoman Implentasi BK Dalam kurikulum 2013 .

Dalam sambutannya Kepala Badan PSDMP dan PMP ,Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan bahwa “Peminatan perserta didik dalam pedoman ini terarah pada peminatan peserta didik di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK yang merupakan bagian tidak terpisahkan dan terintegrasi dalam seluruh upaya pendidikan, terutama pada program pelayanan bimbingan dan konseling pada satuan pendidikan, khususnya jenjang pendidikan dasar dan menengah. Artinya, program pelayanan bimbingan dan konseling secara menyeluruh pada satuan pendidikan harus memuat pelayanan peminatan peserta didik. Upaya ini mengacu kepada program pelaksanaan kurikulum tahun 2013, khususnya terkait dengan peminatan kelompok mata pelajaran, peminatan lintas mata pelajaran atau peminatan pendalaman materi mata pelajaran, dan peminatan studi lanjutan. Program pelayanan bimbingan dan konseling yang berisi pelayanan peminatan peserta didik berada di bawah tanggung jawab Guru Bimbingan dan Konseling (Guru BK) atau Konselor di setiap satuan pendidikan.

Pelayanan peminatan peserta didik menjadi tanggung jawab kepala sekolah dengan melibatkan semua komponen yang ada di sekolah. Guru BK/Konselor membantu peserta didik dalam memilih dan menetapkan peminatan kelompok mata pelajaran, peminatan lintas mata pelajaran, dan peminatan pendalaman materi mata pelajaran sesuai dengan kemampuan dasar umum, bakat, minat dan kecenderungan pilihan masing-masing peserta didik. Realisasi dan pendalaman materi mata pelajaran merupakan bidang pelayanan pembelajaran yang menjadi wilayah manajemen pembelajaran dan wilayah tugas pokok guru mata pelajaran dalam kerangka keseluruhan program pembelajaran pada satuan pendidikan.

Pedoman ini digunakan sebagai acuan bagi Guru BK/Konselor dalam melaksanakan program pelayanan peminatan peserta didik dan bagi fihak-fihak terkait dalam menentukan kebijakan terkait implementasi Kurikulum 2013 di tingkat satuan pendidikan.

Modul-modul Implementasi BK dalam Kurikulum 2013 dapat di unduh di bawah ini :

27 komentar di “[ Download]Modul Pedoman Implementasi BK Dalam Kurikulum 2013

  1. Terima kasih banyak atas ilmunya yang sangat berguna. Mohon ijin untuk download pak

    Suka

  2. Ping balik: Modul Pemrograman Dasar Smk Kurikulum 2013 | Terbaru 2015

  3. mohon ijin untuk donlowd, terimakasih atas ilmunya yg sangat bermanfaat, syukron katsir

    Suka

  4. aslm,,
    knp yg no 2 gk bs di bka pak?? lg bth mtrii itu buat bhn presentasi …
    mhon bntuanya ,,:(

    Suka

  5. Pa ,,, modul 1 dan modul 3 ga bisa di download. kenapa ya ,,, padahal saya sangat membutuhkanya ,,,

    Suka

Tinggalkan Komentar