UKG Tiket Menuju Sertifikasi 2013

Pelaksanaan UKG 2013 ( istilah UKA tahun 2012 ) sudah berjalan sejak tanggal 3 Juni 2013 sampai tanggal 15 Juni 2013 secara online. Kemendikbud mulai tahun ini menghapus sistem UKA dan mengganti dengan Uji Kompetensi Guru ( UKG ).

Hasil UKG nantinya sebagai saringan guru-guru yang akan mengikuti sertifikasi guru tahun 2013. Dari peserta UKG tahun ini hanya diambil separuh sebagai peserta sertifikasi guru 2013. Peserta UKG diperkirakan sebanyak 700 ribu guru, sedangkan kuota yang dibutuhkan hanya 350 ribu guru.

Sistem online kali ini ada segi positifnya, karena guru bisa langsung tahu hasil skor yang diperolehnya, dari hasil tersebut akan di rangking diambil nilai yang terbaik. Lulus UKG belum tentu lulus sertifikasi tergantung proses dalam mengikuti kegitan sertifikasi guru yang rencana akan diadakan sekitar bulan Agistus 2013.

Guru peserta sertifikasi yang lulus nantinya akan mendapat sertikat profesi sebagai syarat untuk mendapatkan tunjangan profesi pendidik ( TPP ). Untuk guru PNS akan mendapatkan tunjangan satu kali gaji pokok, sedangkan non PNS jumlah tunjangan sebesar Rp.1, 5 juta per bulan dengan beban mengajar 24 jam per minggu.

3 thoughts on “UKG Tiket Menuju Sertifikasi 2013

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s