Sisi Positif Penyelenggaraan UKG Online

Pelaksanaan UKG Online tinggal beberapa hari lagi,namun masih banyak guru-guru yang belum faham tentang maksud dan tujuan diadakannya UKG Online. Sesuai dengan pengamatan penulis ada beberapa guru di sekolah  kami dan beberapa guru di sekolah lain yang sempat kontak kami, mereka mengganggap kalau nilai UKG nanti jelek akan berakibat diputusnya tunjangan profesi mereka.

Sesuai dengan maksud dan tujuan pemerintah mengadakan UKG online seperti yang tercantum Uji Kompetensi Guru bahwa uji kompetensi guru (UKG) dilakukan untuk pemetaan kompetensi, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) dan sebagai entry point penilaian kinerja guru (PKG). Dengan demikian UKG bukan merupakan resertifikasi atau uji kompetensi ulang maupun untuk memutus tunjangan profesi.

Terlepas dari Pelaksanaan UKG Online, ada beberapa segi positif yang barangkali tidak disadari dikalangan guru yaitu antara lain :

  • Secara tidak langsung guru dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer.
  • Belajar mengakses internet untuk mencari informasi sehubungan dengan UKG Online.
  • Tunjangan Profesi yang didapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang mendukung latihan UKG Online ( misal : beli Laptop, netbook, modem, dll)

Dari beberapa segi positif di atas  sebenarnya merupakan sebuah kewajiban yang harus dimiliki oleh seorang guru Profesional yaitu salah satunya menguasai IT.

Mudah-mudahan selesainya  diadakan UKG Online nantinya,  guru-guru untuk belajar komputer dan internet tetap semangat. Hidup Guru Indonesia…… Tetap semangat………………………!

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s