Uji Kompetensi Guru ( UKG ) Online Bulan Juli 2012

Pada Juli, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menggelar uji ulang bagi guru yang sudah bersertifikat atau lulus sertifikasi. Uji ulang ini untuk mengetahui peningkatan kualitas guru dan mendorong guru agar terus meningkatkan kualitas dirinya.

Syawal Gultom, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Peningkatan Mutu Pendidikan, Kemdikbud, di Jakarta, mengatakan: Uji ulang yang pertama ini akan diikuti 1.020.000 guru yang sudah lolos sertifikasi dan menerima tunjangan profesi pendidik. Ujian dirancang secara online untuk yang dapat mengakses internet, dan tertulis untuk yang terkendala jaringan internet.

”Pelaksanaan ujian ulang ini jangan disalahpahami sebagai ancaman. Roh dari uji ulang ini untuk pembinaan,” kata Syawal.

Menurut dia, para guru yang belum memenuhi standar akan dibina dengan berbasis web ataupun tatap muka. Guru diberi kesempatan beberapa kali hingga mampu memenuhi standar guru profesional.

”Dengan cara seperti ini, para guru akan terbangun kesadarannya supaya tidak berhenti meningkatkan kualitas pembelajarannya. Jadi, guru-guru tidak puas dengan kelulusan sertifikasi saja,” ujar Syawal.

Peta kompetensi

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo mengatakan, jika uji ulang ini ditujukan untuk mendapatkan peta kompetensi guru secara nasional, PGRI mendukung kebijakan tersebut. ”Kalau disertai ancaman, guru yang tidak lulus bakal dihentikan tunjangan sertifikasinya, itu tidak adil bagi guru,” kata Sulistiyo.

Retno Listyarti, Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia, mempertanyakan pengujian kompetensi guru yang dilaksanakan dengan model ujian pilihan ganda. Pemerintah semestinya dapat mengembangkan evaluasi kinerja guru yang tidak berdasarkan tes.

Syawal mengatakan, kualitas guru Indonesia semakin ditingkatkan dengan penerapan penilaian kinerja guru pada tahun 2013.(Kompas.com)

About these ads

40 gagasan untuk “Uji Kompetensi Guru ( UKG ) Online Bulan Juli 2012

  1. saya setuju dg UKG. Dengan begitu, setidaknya guru2 akan selalu bertanggungjawab untuk meningkatkan kompetensinya. Mohon maaf, karna dilingkungan kerja saya justru guru PNS dan sudah bersertifikasi malah kwalitas mengajar dan dedikasinya jauh lebih rendah jika dibandingkan guru guru non PNS dan belem tersertifikasi. padahal dari segi pendapatan jelas jauh sekali 1:10.

    Dengan UK guru guru yang berkwalitas semakin bersemangat untuk meningkatkan kompetensi. Hidup Guru……………..terus bersemangat dan terus belajar…………………

  2. Guru bertugas melayani. Arti melayani adalah hati. Maka arti guru adalah melayani dengan hati.Syukurilah anda menjadi guru yang harus senantiasa melayani dengan hati penuh sukacita.

  3. Dulu saya bekerja di perusahaan asing dan bergaji enam kali lipat gaji seorang guru.Anda bisa bayangkan gaji anda ditambah satu bulan gaji Rp…. X 6 = Rp…..Itulah gaji saya sebagai karyawan perusahaan asing. Saya menjadi guru/PNS gaji seperti anda. Hati saya puas dan bersyukur bahwa saya ada untuk mereka anak didik.

    • Memang kalau kita pandai bersyukur dan menikmati apa yang sudah diberikan kepada kita, maka tidak rasa mengeluh dan kita menjlankan tugas kita dengan rasa senang, kita lihat yang di bawah kita masih banyak yang kekurangan….

  4. dari pada ribut masalah UKG alangkah baiknya kita mempersiapkan diri untuk mengajar awal tahun! liburan peserta didik bukan berarti libur bagi guru, tapi masih banyak persiapan yang harus dilakukan.

  5. Di tempat saya (kab pekalongan), UKG akan dilaksanakan nanti tanggal 30 Juli s.d.c2 Agustus 2012. UKG dilaksanakan secara online di sekolah2 yang memiliki fasilitas tik dan internet memadai.

  6. guru memang harus memahami tugas dan selalu meningkatkan kompetensinya dan tolong bagaimana contoh soalnya tlng aku dikirimi………………

  7. guru memang selalu berat, baru ditambah gaji sertifikasi yg keluarnya ndak mesti eee … masih harus uji kompetensi, padahal polisi, hakim dan lainnya yg mendapat remunerasi juga ndak dikejar-kejar dengan berbagai macam tes-tes dan tes. guru, oh guru

    • Iya ya bu… di tempat kami gaji TPP jaga sering terlambat cairnya…seperti sekarang ini,sudah masuk bulan Juli tapi baru dapat yang Januari dan Pebruari…itupun yang kenaikan gaji dulu 10% juga saya belum terima padahal Lamongan sudah diberikan dan TPPnya dapat sampai dengan Maret 2012,mendingan daripada kami…

  8. Menurut saya seharusnya ada pembimbing yang menemani karna banyak guru diatas 40-50 tahunan belum mengenal yang namanya internet apalagi jika dites secara online

    • itu kan baru mau diuji secara online yg pertama ya jelas pengaruhnya blum begitu terhadap peningkatan mutu pendidikan tapi guru kan mau tidak mau marus belajar buka internet ……….

  9. alhamdulillah lpmp telah menyadari betapa pentingnya peningkatan mutu guru di indonesia,
    semoga segala daya upaya yang telah dilakukan betul- betul dapat meningkatkan kwalitas
    para pendidik dan tenaga kependidikan,tapi sayang tenaga kependidikan luput dari tunjangan kwalifikasi guru akibatnya terjadilah kecemburuan sosial dan upaya menghambat para guru untuk segera tersertifikasi, semoga th 2014 semua guru dapat tersertifikasi semua. Amin. pendapat saya biarkan para guru menormalisir perekonomiannya dulu sbb rata-rata gaji mereka mins. setelah normal baru tingkatkan kedisiplinan kerja dan terapkan sangsi berkeadilan bagi yang tidak disiplin. maaf bila kurang berkenan.

  10. Jika ingin melihat guru itu di depan kelas banyak guru pandai tapi tidak bisa mengajar atau sebaliknya jika berbicara kwalitas atau maju bandingkan saja dengan standart daerah atau negara mana .mengenai kedisiplinan, guru bekerja berhadapan dengan bel dan didepan siswa ,setidak tidaknya memiliki beban moral terhadap anak didik,itu berbeda dengan yang duduk di belakang meja atau yang berhadapan dengan benda mati, mengenai kesejahteraan alhamdulillah sekarang bisa beli motor type mupet baru ,jika ada yang mampu beli mobil type komersil dan bekas .rumah masih banyak yang nebeng.

  11. semua guru wajib mengikuti uji kompetensi ulang. tapi apa semua guru yang ikut bisa buka dan main internet???semoga semua guru yang ikut UKU bisa sukses dan berhasil…amiiiin

  12. sebaiknya guru yang baru yng ditingkatkan kompetensinya,yg lama diberi penghargaan berupa sertifikasi karena jasanya sudah lama mengabdi sebab guru yang lama sulit belajar memahami dunia maya/on line alias gaptek. mohon pemerintah mempertimbangkan.

  13. Pelaksanaan UKG Kyk gimana sih,kl bisa disekolah masing2…trus yg awasi siapa,kan bs saja guru2 pake joki jawabnya…trus gmn bs ngukur kompetensix kl orang lain yg jawab…

  14. Setelah saya buka di situs UKG online, berbagai macam pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab. kok susah-susah yaaaa….???. beri tau dong..sesudah ada UKG online ada apa lagi nih.. Saya berdo’a untuk semua guru yang mengikutinya, khususnya guru yang usianya antara 45 keatas sampe 50 keatas, bahkan yang hampir pensiun, supaya bisa benar2 mengerjakannya. Mbok ya diajarin dulu tuh untuk buka internet dan cara mengerjakannya. iya kalo ingat… kadang lupa atau pusing atau apalagi???? Good Luck semuanya … :)

  15. alkhamdulillah ada ukg , diberikesempatan utuk mengukur kemampuan diri dan kepatutan diri sampai menilai diri sebagai guru. perlu di ingat produk guru kita ini ada yang berasal dari basic pendidikan non guru yakni semisal hanya punya akta IV , ngajar ok !!! tapi basik ilmu paedagogik dan psikologi pendidikan mungkin kurang di kuasai itulah hasil anak didik sekarang pandai tapi akhlaq tak terdukung. Hendaknya pemerintah dan masayarakat non guru ikhlas dengan pendapatan kesejahteraan guru saat ini untuk dinilai segi manfaat dan positipnya, sehingga anak didiknya dapat menjadi insan-insan yang cerdas dan berakhlaq mulia untuk menjadi penerus bangsa kita tercinta ini karena didasari ibadah dan keikhlasan dari yang memberi tunjangan kesejahteraan ( Negara )dan yang diberi tunjangan ( Guru ) maka banyak-banyaklah bersyukur.amin.

  16. UKG tidak perlu ditakuti karena tidak akan merugikan, tetapi sebaliknya akan menguntungkan para guru itu sendiri, untuk itu mari kita songsong UKG dengan optimis.

  17. UKG ok saya setuju untuk mendorong kemampuan profesional guru,namun pembayaran tunjangan sertifikasinya selalu tertunda terus…tidak adil kan ?

  18. maju terus para pahlawan tampa tanda jasa.jangan gentar dengan UKG. krn UKG adalah cambuk ntuk menuju indonesia cemerlang.

  19. silahkan uji kami guru siap. Bagaimana dengan penghargaan materiil untuk kami, NEGARA INDONESIA siapkah ??? artinya dibagikan tepat waktu, tidak dicukili dengan dalih solidaritas atau apapun ???

  20. Untuk semua guru yg mengikuti ukg tidak perlu takut, karena ini tujuannya untuk mengukur kemampuan guru sesuai dengan tunjuangan yg diberikan sudah sejauh mana digunakan utk keperluan mengajarnya.

  21. saya melihat banyak guru guru bersertifkat tapi malah oangkang-ongkang atau ngajar di sekolah lainm sepertinya tutup mata terhadap keadilan penghasilan terhadap pegawai / guru lain……. opo tumon????????????

  22. UKG memang baik tapi bagi kami yang sudah tergolong tua kami tetap semangat wlaupun dalam hal ini kami tetap berusaha untuk mengejar ketertinggalan, salah siapa ini…… kenapa gak di perkenalkan dari dulu….?????????????

  23. Semua mapel uji cobax ada sehubungan dgn UKG hanya tuk Bimbingan dan Konseling seng ora enek!!!! Why?????

  24. i love to teach
    tes tes dan tes yahhh itu cara yang bagus untuk mengetahui kualitas guru… akan tetapi kualitas saja tida cukup untuk menjadi guru dibutuhkan juga keahlian mengajar.. agar tidak terkesan guru itu pintar tapi tidak terlalu pandaimengajar.. kalo boleh saran adakan saja pelatihan menjadi guru yang inofatifitu sepertinya akan lebih terasa manpaatnya

  25. Banyak orang pintar teori tapi kurang bisa mengajar, saya hanya prihatin pada guru – guru yang usianya sudah diatas 50 th, beliau – beliau terlihat sangat bingung…
    menurut saya kemajuan pendidikan tidak hanya dilihat dari kemampuan teori, kalo ingin tahu kualitas Guru yang sesungguhnya silahkan langsung lihat dilapangan bagaimana beliau – beliau mengajar!!
    kalau guru konsentrasinya terpusat pada ujian dan ujian saya takut peserta didik akan terabaikan!!
    Semoga Allah selalu membimbing kita untuk memajukan pendidikan di Indonesia tercinta .AMIN

  26. SAYA SETUJU DNG ADANYA UKG INI KARNA DNG ADANYA UKG MUDAH-MUDAHAN SAYA SEBAGAI ABDI NEGARA KHUSUS PENDIDIK AKAN LEBIH BISA MENGOREKSI DIRI DIMANA KEKURANGAN DAN DAPAT LEBIH MENINGKATKAN CARA KINERJA SAYA SEBAGAI GURU .

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s