Kuota SNMPTN Ditambah 16.500 Kursi

Ini kabar gembira bagi para lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang mengincar kursi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pasalnya, kuota Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 yang semula 164.697 kursi, ditambah sebanyak 10 persen, atau sekitar 16.500 kursi.

Penambahan kuota itu diumumkan resmi oleh Mendikbud Mohammad Nuh bersama Panitia Pelaksanaan SNMPTN 2012.

Nuh menjelaskan, penambahan kuotaa ini karena jumlah pendaftar SNMPTN tahun 2012 ini mengalami lonjakan atau naik 14 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2011 lalu. Yakni, jumlah pendaftar SNMPTN tahun 2011 lalu  mencapai 540.593 orang. Sedangkan untuk tahun ini, pendaftar SNMPTN meningkat menjadi 618.804 peserta.

“Maka itu, pemerintah bersama seluruh Rektor PTN sepakat untuk menambah kuota SNMPTN secara nasional sebanyak 10 persen,” ungkap Nuh di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (11/6).

Nuh menjelaskan, ditambahkannya kuota SNMPTN ini juga sebagai bentuk upaya pemerintah memberikan kesempatan yang lebih luas bagi para pendaftar atau calon mahasiswa baru. Karena selama ini, memang dirasakan kuota yang tersedia belum mampu menampung seluruh calon mahasiswa di PTN.

“Kita buka kesempatan ini seluas-luasnya. Sehingga, bisa menampung para pendaftar yang setiap tahunnya jumlahnya semakin bertambah cukup banyak. Jika ada yang tidak lolos SNMPTN, masih banyak kursi yang tersedia di Perguruan Tinggi Swasta (PTS),” imbuhnya.

Namun begitu, mantan Rektor ITS ini menambahkan, penambahan kuota SNMPTN ini harus juga diimbangi dengan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh masing-masing PTN di seluruh Indonesia. “Tidak perlu harus ada penambahan ruang kelas, atau sarana lainnya. Akan tetapi bisa mengoptimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada,” tukasnya.

(sumber:jpnn.com)

One thought on “Kuota SNMPTN Ditambah 16.500 Kursi

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s