Pendaftaran Ujian Tulis SNMPTN Tanggal 10 -31 Mei 2012

Seluruh peminat SNMPTN ujian tulis diharapkan bersiap-siap mendaftarkan diri. Pendaftaran ujian tulis untuk masuk kampus negeri itu akan dibuka pada 10-31 Mei. Jika sudah yakin lulus unas, siswa SMA/sederajat bisa mendaftar walaupun belum ada pengumuman kelulusan unas.

Sekretaris Panitia Pusat SNMPTN Rochmat Wahab kemarin mengatakan, memang benar pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis mendahului pengumuman unas SMA/sederajat. Pengumuman unas SMA/sederajat sendiri rencananya digelar pada 24 Mei mendatang. “Tidak apa-apa kan kita buka dulu,” tandas pria yang juga menjadi rektor UNY itu.

Unas SMA/sederajat dengan SNMPTN jalur ujian tulis ini memang cukup berkaitan. Sebab, syarakat calon mahasiswa yang boleh ikut SNMPTN ujian tulis adalah mereka yang dinyatkaan lulus unas.

Rochmat menuturkan, panitia memang sengaja membuka masa pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis lebih awal dari pengumuman unas. Upaya ini dilakukan untuk mengakomodasi lulusan SMA dua tahun terakhir. Yaitu mereka yang lulus pada 2011 dan 2010 lalu.

Dia berharap, lulusan SMA dua tahun terakhir itu segera mendaftar ketika masa pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis dibuka. “Jangan sampai menumpuk di belakang dengan pendaftar yang lulus unas tahun ini,” katanya. Rochmat khawatir, penumpukan ini bisa menggangu server pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis. Jika kasus ini terjadi, bisa sangat mengganggu karena pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis dijalankan secara online.

Sementara untuk calon pendaftar SNMPTN jalur ujian tulis yang lulus unas tahun ini, diminta untuk menimbang-nimbang. “Saya tegaskan, jika memang yakin lulus, silahkan daftar duluan sebelum unas diumumkan,” katanya.

Tapi langkah ini cukup beresiko. Yaitu, uang pendaftaran SNMPTN jalur ujian tilis bagi pendaftar yang akhirnya dinyatakan tidak lulus tidak bisa dikembalikan lagi. Tahun ini, biaya pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis dipatok Rp 150 ribu per peserta untuk kelompok IPA, IPS, dan peserta ujian keterampilan. Sementara untuk kelompok IPC tarif pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis ditetapkan Rp 175 ribu per peserta.

Alur pendaftaran SNMPTN jalur ujian tulis ini adalah, calon pendaftar harus membayar dulu uang pendaftaran di bank yang sudah ditunjuk panitia. Setelah melakukan pendaftaran dan setor biaya pendaftaran, maka pendaftar akan mendapatkan PIN. Kode PIN inilah yang bisa digunakan sebagai password untuk mendaftar SNMPTN jalur ujian tulis secara online.(jpnn.com)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s