Survey Tentang Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi UN

Dalam kuisioner tersebut ada empat pertanyaan yang ditanyakan pada peserta. Pertanyaan pertama adalah bagaimana perasaan siswa menghadapi UN. 40,5 persen siswa menjawab biasa aja, 40,2 persen menjawab tidak biasa, dan 19,3 persen menjawab sangat tidak biasa. Pertanyaan kedua, yaitu bagaimana keyakinan siswa terhadap kelulusan UN. 25,6 persen siswa menjawab mereka tidak khawatir dan yakin lulus. Sementara 37,2 persen menjawab khawatir, dan 37,2 persen lainnya menjawab sangat khawatir.

Pertanyaan ketiga dan keempat memiliki korelasi yang kuat, yaitu bagaimana tingkat kecemasan siswa menghadapi UN dan apa pendapat mereka tentang UN. Dan dari jawaban mereka diperoleh persentase bahwa 56 persen siswa cemas dalam mengahadapi UN dan 79,1 persen siswa terdorong belajarnya karena UN. “Itu semangat positif, bahwa UN mendorong siswa kita untuk belajar,” kata Menteri Nuh kepada media di gedung Kemdikbud, Jumat (20/04).

Kecemasan merupakan kondisi mental individu yang terjadi karena adanya tantangan, tekanan, dan tuntutan untuk mencapai tujuan tertentu. Menteri Nuh mengatakan, wajar kalau ada kekhawatiran dan kecemasan bagi orang yang akan menjalani ujian. “Yang penting, kecemasan mereka mendorong mereka untuk giat belajar,” tutur Menteri Nuh

Dari grafik yang dipaparkan Menteri Nuh, diketahui bahwa 79,1 persen siswa merasa UN mendorong mereka untuk belajar. Dan 20,9 persen lainnya merasa UN tidak memiliki efek pendorong bagi mereka untuk belajar. Menteri Nuh menilai, bagi siswa yang merasa UN tidak mendorong mereka belajar adalah karena mereka telah benar-benar siap sebelum UN. (sumber:kemdiknas.go.id)

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s