MGBK SMP Kab. Sidoarjo Kunjungi Lapas Anak Blitar

 

Peserta MGBK SMP Kab. Sidoarjo berfoto bersama Kalapas Anak Blitar

Peserta MGBK SMP Kab. Sidoarjo berfoto bersama Kalapas Anak Blitar

Dalam rangka kegiatan akhir MGBK SMP Kabupaten Sidoarjo pada hari Rabu, 10 April 2013 telah mengadakan kunjungan ilmiah di Lapas Anak Klas IIA Blitar.

Kunjungan yang didampingi oleh Drs. H. Abdul Latief,ST,MM selaku pembina MGBK SMP Kabupaten Sidoarjo ini bertujuan untuk mengetahui lebih dekat permasalahan-permasalahan yang banyak dihadapi oleh anak-anak terutama anak usia sekolah, sehingga kami sebagai Guru BK di sekolah dapat mengantisipasi agar kasus-kasus yang menimpa anak didik kami tidak sampai mengantar mereka ke ranah hukum yang mengakibatkan masuk ke Lapas Anak. Dari pengamatan kami di Lapas kebanyakan mereka berusia antara 12 sampai 18 tahun.

Kedatangan kami di Lapas Anak Blitar disambut dengan sangat antusias oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan ( Kalapas ) Anak Blitar Bapak Drs. Kusmanto Ekoputro, M.Si beserta staf serta disuguhi “ Kebo Giro” yang dimainkan oleh anak-anak binaan Lapas. Tidak sedikit hati yang terenyuh dan sebagian ada yang menangis dengan melihat dan mendengarkan gending-gending yang tidak semua orang bisa, rasanya tidak percaya bahwa yang memainkan gending tersebut merupakan anak-anak yang semula tidak mengenal alat-alat tradisional sama sekali.

Dalam kesempatan itu Kalapas juga sempat curhat kepala semua Guru BK yang hadir tentang keadaan Lapas antara tenaga yang ada dengan penghuni yang tidak sesuai dengan rasio yang diharapkan.Anak binaan Lapas ini sejumlah 245 orang dengan petugas jaga bergantian 5 orang pagi, siang dan malam.Kasus yang menjerat mereka antara lain : pembunuhan, penganiayaan, pencurian, perampokan, penggelapan, kesehatan, psikotropika, laka lantas, perlindungan anak. Diantara kasus-kasus tersebut yang paling banyak adalah kasus perlindungan anak sebanyak 157 kasus yang di dalamnya menyangkut masalah pencabulan dan pemerkosaan.

Dari melihat data di atas Kalapas pesan kepada seluruh Guru BK agar memahami UU No. 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak,baca juga UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak, sebab UU ini sebagai bahan rujukan tentang perilaku siswa mana yang bisa menjerat mereka ke ranah Hukum Perlindungan Anak.

About these ads

3 thoughts on “MGBK SMP Kab. Sidoarjo Kunjungi Lapas Anak Blitar

  1. 60 tahun lebih sudah kita merdeka namun mereka (anak-anak usia wajib belajar) masih belum bisa diakui sebagai salah satu aset fital negara…justru mereka di jadikan ajang dunia perpolitikan, sungguh tragis masa depan negara ini yang belum punya rel khusus utk mereka,masa depan hari ini dan esok ada pada mereka(anak-anak usia wajib belajar) >>BWU<<

  2. semoga dengan adanya “Inisiatip” para guru BK ibu pertiwi tidak terus menangis meratapi anak bangsa ini…salam Assalamu Alaikum semoga ALLOH mencatat niat baik panjenengan..kutunggu kiprah selanjutnya para penggugah pembangun moral (Guru BK) salam Indonesia satu saudara dan satu tanah air Indonesia

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s