[Download] Materi Layanan Bimbingan Klasikal

Materi Layanan Bimbingan Klasikal diperlukan bagi guru BK yang ada jam masuk kelas sebagai bahan penyampaian materi. Disamping itu materi layanan ini juga sebagai lampiran dalam pembuatan RPBK/SATLAN/RPL sesuai yang dikehendaki dalam Rubrik Penilaian Kinerja Guru BK ( PKG-BK ). Materi yang kami tampilkan di sini hanya untuk mempermudah Guru BK dalam penyampaian materi di kelas dan kami yakin materi ini sangat jauh dari kata-kata sempurna, untuk itu bapak/ ibu guru BK dapat menyempurnakan dan mengembangkannya sendiri.

Contoh Materi Layanan Kelas VIII Semester  Genap 2012/2013

Memilih Teman Pergaulan

Untuk memilih teman yang tepat, kita perlu mempelajari berbagai perilaku manusia yang kita temukan sehari-hari. Dengan pengamatan ini kita dapat menyaring perilaku manakah yang pantas dan bisa kita jadikan sebagai teman.

Pergaulan remaja banyak diwujudkan dalam bentuk kelompok, oleh karena itu dalam memilih teman kita harus mempertimbangkan antara kelompok-kelompok yang mengutamakan masalah moral, mengutamakan masalah ekonomi, mengutamakan minat/tujuan yang sama, atau yang mengutamakan bakat/kemapuan. Dengan mempelajarai kelompok-kelompok tersebut maka kita dapat mengantisipasi bila di antara kelompok tersebut termasuk dalam lingkup pergaulan negatif.

Namun yang paling mendasar dalam memilih teman adalah kita harus mempertimbangkan bergabung dengan kelompok yang bersifat produktif dan positif, sehingga anda tidak salah pergaulan dan terpengaruh kebiasaan teman anda yang negatif. Teman pergaulan yang baik adalah teman yang mempunyai pandangan masa depan yang sesuai dengan cita-cita dan tentu bersama-sama untuk meraih cita-cita tersebut. Lalu bagaimana kita menjaga pertemanan agar berlangsung lama ? Berikut ini tipsnya :

  1. Dalam berteman, tidak selamanya kita memiliki sifat yang sama. Perbedaan karakter itulah yang harus kita mengerti. Jangan selalu memaksakan pendapat dan prinsip kepada teman kita, hormati juga pendapatnya.
  2. Apabila teman kita melakukan kesalahan, jangan langsung menghakiminya, telusuri dulu apa yang sebenarnya terjadi, dan jangan bersikap kitalah yang lebih pintar dari dia. Menasehati juga harus disesuaikan dengan situasinya.
  3. Kepercayaan adalah hal yang penting dalam berteman, jadi kita harus saling menjaga rahasia yang ada, jangan sampai rahasianya kita sebarkan orang lain. Jangan mudah percaya juga bila ada orang lain yang mencoba menghasut kita.
  4. Berteman bukan untuk bersaing, jadi jika teman kita berhasil dalam hal tertentu, kita jangan iri, puji dan dukunglah selama apa yang ia lakukan dalam konteks yang benar. Ingat, kebahagiaannya adalah kebahagiaan kita juga.
  5. Usahakan jangan sering mengeluh di depan teman kita, bisa-bisa teman kita menganggap dirinya hanya sebagai tempat untuk mengeluh. Berbagi hal-hal yang menggembirakan juga perlu.
  6. Apabila teman kita punya kebiasaan buruk, jangan langsung menegurnya dengan kasar, apabila jika ia mudah tersinggung. Katakan dengan halus dan sopan atau tidak secara langsung, akan lebih baik lagi jika kita bisa membantunya untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu.
  7. Kejujuran harus terus dijaga dalam berteman, kalau kita melakukan kesalahan, segeralah meminta maaf, jangan malu untuk melakukan hal itu.
  8. Kita dan teman kita memiliki kedudukan yang sama, tidak ada yang lebih pintar atau bodoh. Saling membantu dan melengkapi adalah hal yang terpenting.
  9. Pahami keadaan teman kita dan lingkungannya sehari-hari, jangan menyepelekan atau merasa kitalah yang lebih baik darinya.
  10. Jalan-jalan bareng atau refreshing juga baik untuk menambah kedekatan kita dengan teman kita.

Tips Jitu dalam Mencari Teman

Di zaman teknologi seperti sekarang ini, orang-orang terkesan memiliki sifat individu. Ada anggapan bahwa dengan kemajuan zaman, orang bisa hidup sendiri, padahal itu salah banget. Biar bagaimanapun juga, dalam hidup kita pasti membutuhkan orang lain, salah satunya, teman.

Makanya, dari situlah kita perlu mencari teman, tidak perlu langsung ke sahabat, cukup teman dululah. Sahabat itu kan pertemanan yang lebih dekat, tapi jangan salah, menjaga pertemanan itu gampang-gampang susah. Sebelumnya, ini adalah tips untuk mempermudah kita dalam mencari teman, kalau mau lebih jelasnya, baca saja tips berikut ini :

  1. Pada saat ngobrol pertama kali dengan seseorang, di situlah pribadi kita bisa kelihatan. Apakah kita orang yang baik atau cuek. Nah, Kalau kita bisa memberikan pertama yang baik, maka orang akan menaruh simpati pada kita dan kita akan lebih mudah dalam mencari teman.
  2. Usahakan menjadi teman ngobrol yang baik bagi orang lain, meskipun kita sama sekali belum kenal dengan dia. Cara yan paling efektif adalah dengan mendengarkan apa yang sedang orang tersebut bicarakan., jangan memotong pembicaraannya hanya untuk memaksakan pendapat kita.
  3. Pada saat orang lain berbicara, usahakan tatap matanya. Hal ini bertujuan agar orang tersebut yakin bahwa kita benar-benar mendengarkan apa yang seang ia bicarakan, sesekali anggukkan kepala kita, dengantujuan bahwa kita paham dengan apa yang ia maksud.

Tapi dalam hal ini, sebaiknya memang kita perlu benar-benar paham, soalnya jika hanya pura-pura ngangguk tapi sama sekali nggak paham, ya sama saja bohong, dan jika ketahuan bisa gawat. Orang bisa jadi tidak percaya sama kita dan kita sudah dapat image negatif.

  1. Berbicaralah apa adanya, jangan terlalu berlebihan. Kalau kita baru kenal dengan seseorang dan langsung sok akrab belum tentu orang tersebut suka dengan sikap kita.

Mudah-mudahan dengan tips di atas. Anda bisa lebih mudah dalam mencari teman, tapi ingat ! kalau sudah dapat teman, pertemanannya harus dijaga ya. Jangan sampai terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Pertemanan yang baik adalah yang membawa kita ke arah yang lebih baik dari sebelumnya.

Materi Terkait :

7 gagasan untuk “[Download] Materi Layanan Bimbingan Klasikal

    • terima kasih, jaya terus bimbingan dan konseling..? semangat untuk bapak-ibu guru BK dalam memberikan layanan kesiswa.Semoga bermanfaat dunia dan akherat.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s