Kisi-Kisi Soal Unas 2013 Dilansir Oktober Dengan 20 Variasi Soal

Rencana pemerintah membuat 20 variasi soal ujian nasional (unas) untuk setiap mata pelajaran di setiap ruang ujian, memerlukan persiapan khusus. Diantaranya panitia memajukan jadwal melansir kisi-kisi soal unas 2013. Melalui kisi-kisi ini, calon peserta unas bisa lebih dini mempersiapkan diri.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar Notodiputro di Jakarta kemarin (14/9) menjelaskan, pihaknya sudah menyelesaikan pembuatan draf kisi-kisi soal unas. “Terutama yang untuk SMA sederajat,” kata dia.

Dia menjelaskan, draf kisi-kisi soal itu harus lebih dulu dilaporkan ke Badan Standarisasi Nasional Pendidikan (BSNP). Setelah mendapat pengesahan dari BSNP, baru kisi-kisi ini dilansir atau disebarkan ke masyarakat. Sehingga bisa dimanfaatkan para guru dan siswa jelang menghadapi unas tahun depan.

Khairil mengatakan biasanya kisi-kisi soal unas baru diumumkan menjelang akhir tahun. “Tahun lalu (2011, red), kisi-kisi baru kita keluarkan akhir November,” kata dia. Untuk kisi-kisi soal unas 2013, Khairil menargetkan sudah bisa diumumkan kepada masyarakat Oktober mendatang.Dia lantas mengatakan, kisi-kisi soal unas ini bukan disebarkan ke masyarakat dalam bentuk butir-butir soal ujian layaknya seperti di lembar soal unas. Sebaliknya, kisi-kisi ini disebar ke masyakarat dalam bentuk uraian. “Contohnya untuk mata pelajaran matematika, ada kisi-kisi yang bunyinya mencari akar persamaan kuadrat,” kata Khairil.

Melalui kisi-kisi soal unas ini, para guru maupun siswa bisa fokus dalam belajar. Pada guru diharapkan bisa membuat soal-soal latihan menjelang unas melalui kisi-kisi tersebut.

Dengan demikian, dia menghimbau masyarakat tidak tertipu dengan potensi praktek-praktek kejahatan. Misalnya, ada pihak yang mengaku memiliki butir-butir soal yang tingkat kemiripannya dengan soal unas mencapai 75 persen atau bahkan 100 persen. Praktek ini tentu tidak benar, sebab sampai saat ini pemerintah belum menyusun butir-butir soal unas.

Khairil juga menjelaskan jika kisi-kisi soal unas yang disebar ke masyarakat nantinya juga menjadi dasar bagi tim pembuat soal. Saat menyiapkan butir-butir soal unas, seluruh anggota tim pembuat soal nantinya wajib merujuk pada kisi-kisi soal tersebut.

“Jadi kerja tim pembuat soal dengan materi yang dipelajari siswa nyambung,” ucap Khairil. Dia menegaskan, panitia menghindari kasus ada siswa yang merasa soal unas tidak pernah diajarkan selama di sekolah. Terkait keberadaan 20 variasi soal, Khairil mengatakan menjadi sebuah tantangan bagi panitia karena harus menyiapkan butir soal yang cukup banyak.(jpnn.com)

About these ads

8 thoughts on “Kisi-Kisi Soal Unas 2013 Dilansir Oktober Dengan 20 Variasi Soal

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s