Sertifikasi Guru Tahun 2013 Sejumlah 325 Ribu Guru

Susilo Bambang Yudoyono

Pemerintah akan melanjutkan program sertifikasi guru di tahun 2013. Hal ini guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi anak didik di seluruh Indonesia. Selain itu anggaran pendidikan juga mengalami kenaikan melebihi amanat UU yakni 20 persen dari APBN.

“Pada tahun 2013 kita akan melanjutkan pelaksanaan sertifikasi guru bagi lebih dari 325 ribu guru. Pelaksanaan sertifikasi akan didahului dengan Uji Kompetensi bagi Guru yang belum bersertifikasi,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di DPR RI, Kamis (16/8).

Dalam RAPBN 2013, anggaran pendidikan mengalami peningkatan signifikan. Bila pada tahun 2011 lalu, anggaran pendidikan mencapai Rp266,9 triliun, lalu di 2012 meningkat menjadi Rp310,8 triliun, maka pada tahun 2013 mendatang anggaran pendidikan direncanakan sebesar Rp331,8 triliun atau naik 6,7 persen.
“Anggaran pendidikan yang makin besar itu harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya, untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jangkauan pemerataan pendidikan,” pesan SBY.

Untuk meningkatkan partisipasi pendidikan di semua jenjang pendidikan, alokasi anggaran pendidikan tetap diprioritaskan melanjutkan pemberian Bantuan Operasional Sekolah (BOS) bagi 45,0 juta siswa setingkat SD/MI/Salafiyah Ula dan  SMP/MTs/Salafiyah Wustha.

Selain itu akan dimulai pelaksanaan Pendidikan Menengah Universal (PMU), antara lain melalui penyediaan BOS pendidikan menengah bagi 9,6 juta siswa  SMA/SMK/MA. Untuk mendukung pelaksanaan PMU, Pemerintah, sedang mempersiapkan penyediaan guru serta pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang diperlukan.

“Pelaksanaan PMU diharapkan dapat meningkatkan APK jenjang menengah, memperkecil disparitas antar daerah, dan memperkuat pelayanan pendidikan vokasi,” kata SBY.

Melalui anggaran pendidikan itu pula, direncanakan pembangunan 216 Unit Sekolah Baru (USB), dan lebih dari 4.550 Ruang Kelas Baru (RKB) SMA/SMK/SMLB. Akan dilakukan rehabilitasi ruang-ruang kelas SMA/SMK/MA yang rusak, serta memulai rehabilitasi sekitar 23.000 ruang kelas SMA/SMK yang rusak berat, dan sebanyak 30.350 ruang kelas SD/SMP yang rusak sedang.

“Dengan anggaran pendidikan itu, kita akan melanjutkan penyediaan Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi sekitar 14,3 juta siswa/mahasiswa, dan memberikan beasiswa prestasi bagi sekitar 220 ribu siswa/mahasiswa,” ungkap SBY.(jpnn.com)

About these ads

2 gagasan untuk “Sertifikasi Guru Tahun 2013 Sejumlah 325 Ribu Guru

  1. Berdasarkan alokasi anggaran oleh pemerintah menurut saya sudah bagus, tapi dalam pengelolaan dan pelaksanaannya membingungkan khusnya dalam tunjanganprofesional guru. permaslahan selalu ditumpuk dari tahun ketahun, sehingga menyulitkan pembena han nya, jika dikaji yang saya tahu TA 2011 yang adanya pembukaan rekening di bank Mandiri dan BRI kaitnnya dengan Kenaikan Gaji Pokok, itu dana tercecer akibat pengelola tk provinsi dan kab-kota tidak transparan, sedangkan tk pusat tidak mengawal sebagaimna SK yang diterbitkasn oleh 3 Dirjen atas nama menteri . dan hal ini terus berlanjut tahun 2012 ,kurang banyak hampir di setiap daerah ada yang 2 bulan sampai kini belum jelas pembayarannya,ini berarti pejabat/pengelola/petugas yang berkompeten tidak atau menjalankan tugas dengan baik anehnya tidak ada SANKSI ? what- What ?apakah ini tujuan datri reformasi birokrasi atau apa. statemen Bapak Menteri, ketua PGRI, BP Irjen malah sudah lapor ke KPK 29 Januari 2013 lalau, tapi ya bulan maret 2013 sedang berjalan 2 bl kekurangan itu belum jelas … kemana dan bagaimana tgjb, apa perlu malikat yang mengingatkan. MasyaAllah………………….th 2013 ?????

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s