Gaji dan Tunjangan Guru Naik Tahun 2013

Musliar Kasim Wamendikbud Bidang Pendidikan

Termasuk Kenaikan Gaji Pokok 10 Persen

Angin segar berhembus di kalangan guru PNS. Di tengah terpaan kabar hasil sementara uji kompetensi guru (UKG) yang jeblok, gaji dan tunjangan mereka tahun depan naik signifikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta izin DPR untuk menaikkan dana alokasi umum (DAU) pos belanja gaji guru PNS sebesar Rp 10,1 triliun.
Permintaan kenaikan anggaran untuk gaji guru PNS tadi sudah dilaporkan Kemendikbud kepada Komisi X. Kepastian usulan tadi diterima atau ditolak DPR menunggu keputusan Undang-undang APBN 2013 yang rencananya digedok akhir tahun ini.

Tren kenaikan DAU untuk belanja gaji PNS periode 2013 tentu direspon guru PNS karena meningkat dibanding periode sebelumnya. Dari rekaman Kemendikbud menyimpulkan jika anggaran gaji guru PNS periode 2011 dipatok sebesar Rp 92,59 triliun. Kemudian pada periode 2012 anggaran ini naik menjadi Rp 102,05 triliun. Selanjutnya tahun depan Kemendikbud sudah menghitung jika anggaran gaji plus tunjangan guru PNS senilai Rp 112,15 triliun. Atau naik sebesar Rp 10,1 triliun.

Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim di Jakarta kemarin (9/8) menuturkan, anggaran DAU ini adalah anggaran yang langsung ditransfer dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) ke pemerintah daerah (provinsi, kota, dan kabupaten). “Uang DAU ini tidak masuk ke rekening kita. Tetapi masih menjadi bagian dari anggaran fungsi pendidikan,” kata mantan rektor Universitas Andalas, Padang itu.

Menurut Musliar, kenaikan anggaran untuk gaji dan tunjangan guru PNS tahun depan tidak disebabkan karena ada program-program khusus. Dia mengatakan jika kenaikan anggaran gaji pegawai negeri yang super jumbo itu disebabkan karena tren inflasi, pertambahan jumlah guru PNS, dan munculnya promosi golongan kepangkatan yang berpengaruh pada gaji pokok dan tunjangan.

Selain itu, kenaikan gaji dan tunjangan guru PNS tahun juga dipicu dari jumlah anggaran fungsi pendidikan yang meningkat. Tahun ini, anggaran fungsi pendidikan dipatok sebesar Rp 289,95 triliun. Sedangkan pagu indikatif anggaran fungsi pendidikan tahun depan ditentukan sebesar Rp 315,27 triliun. Atau mengalami kenaikan Rp 25,32 triliun.

Dari perhitungan Kemendikbud terungkap jika ada kenaikan jumlah guru PNS yang lumayan besar antara periode 2012 hingga 2013. Tahun ini Kemendikbud mencatat jika jumlah guru PNS sebanyak 1.713.379 orang.

Sementara untuk tahun depan Kemendibud melansir jika jumlah guru PNS membengkak menjadi 1.757.170 orang, atau bertambah 43.791 orang. Jumlah guru tahun depan sudah dihitung sekaligus dengan proyeksi angka guru PNS yang pensiun sebanyak 26.209 orang. Selain itu juga dihitung berdasarkan rencana pengangkatan guru honorer sebanyak 70 ribu orang.

Dari jumlah guru PNS yang mencapai 1,757 juta tadi, tahun depan negara menanggung beban gaji pokok plus gaji ke-13 sebesar Rp 78,64 triliun. Beban pembayaran gaji pokok tadi naik Rp 7,75 triliun dibandingkan sekarang, di mana tahun ini beban gaji pokok plus gaji ke-13 guru PNS “hanya” Rp  70,89 triliun. Selain disebabkan karena jumlah guru PNS yang bertambah, kenaikan ini juga dihitung dari tren kenaikan gaji pokok guru rata-rata 10 persen per tahun.

Selain urusan gaji pokok, pos tunjangan guru PNS yang mengalami kenaikan lumayan besar adalah untuk tunjangan istri. Tahun ini negara memiliki beban untuk membayar tunjangan istri guru PNS sebesar Rp 6,41 triliun. Untuk tahun depan, beban negara untuk membayar tunjangan istri guru PNS naik menjari Rp 7,11 triliun. Kemendikbud mengasumsikan tahun depan ada 98% guru PNS yang sudah beristri.

Musliar mengatakan dengan terus meningkatnya DAU untuk belanja gaji guru PNS tadi bisa dimaknai bahwa perhatian pemerintah kepada para guru tidak kendor. Kondisi ini sekaligus mempertahankan hak dunia pendidikan untuk memperoleh anggaran sebesar 20 persen dari APBN.

Nah, dengan terus meningkatnya gaji serta tunjangan guru PNS ini jajaran Kemendikbud berharap para guru terus meningkatkan kualitas mereka. Para guru diminta untuk aktif mengikuti rangkaian program peningkatan kompetensi guru yang dirancang pemerintah pusat maupun daerah.

Tahun depan Kemendikbud juga tidak melupakan nasib guru-guru non PNS. Tahun depan pemerintah menganggarkan DAU sebanyak Rp 13,08 trilun untuk memperbaiki nasib guru non PNS. Uang sebanyak itu diantaranya digunakan  untuk tunjangan guru non PNS, guru binaan provinsi, dan guru daerah khusus.

Selain itu uang tadi juga digunakan untuk mendukung program wajib belajar 12 tahun atau yang diistilahkan Kemendikbud sebagai pendidikan menengah universal (PMU). Diantara pos anggaran yang bisa mendukung program PMU adalah bantuan operasional sekolah menengah (BOS-SM) dan perbaikan sarana prasarana pendidikan setingkat SMA/sederajat.(jpnn.com)

About these ads

37 gagasan untuk “Gaji dan Tunjangan Guru Naik Tahun 2013

  1. makanya para pendidik harus benar 2 dalam melaksanakan tugasnya,,,,,jangan sampai anggaran gaji pns yg paling banyak menyedot apbn diberikan kepada yg tidak kompetan,,,,dan jangan mengeluh pada saat ujian,,,kan mau dapat kenaikan gaji……

    • jangan di generalisasi donk……memang guru yg mana yang tdk kompeten dan tidak melaksanakan tugasnya dengan baik itu……anda mempunyai instrumentnya seperti apa sehingga punya pemahaman di atas. Perasaan (sederhananya) dengan bisanya anda menulis dan membuat komentar di atas itu kan salah satu bagian kecil dari hasil dari proses pendidikan dari guru anda dahulu????

  2. untuk kenaikan anggaran tersebut sebagai konsekuensi dari program nasional, akan tetapi dalam penyaluran tunjangan profesional guru, sebaiknya dipisahkan dari DAU ( Dengan Mata Anggran yang khusus), agar tidak terjadi sperti tahun sebelumnya keterlambatan dimana-mana. Walaupun masih termasuk transfer ke daerah. juga harus dikawal setiap peraturan yang dikeluarkan oleh institusi, jangan di biarkan tanpa kontrol. dan ada konseksuensi bagai pejabat atau perugas yang tidak melaksanakan kewajiban tersebuit dapat dikenakan PIDANA. terima kasih Pa Wamen.

  3. Semoga anggota DPR khususnya Komisi X menerima usulan Kemendikbud tersebut sehingga hal ini akan menambah semangat para guru dalam menunaikan tugasnya. Kalau sampai usulan tersebut ditolak, yaaa namanya terlaluuuuuuuu.

  4. makin tinggi tunjangan dan gaji guru,hendaklah makin tinggi pula tingkat keaktifan para pendidk dalm bertugas,jangan mengharapkan imbalan yang tinggi sementara tingkat keaktifan makin menurun,banyak belajar dong bapak dan ibu guru…..?

  5. SUDAH SELAYAKNYA GAJI GURU DIPERHATIKAN
    GURU ITU SANGAT MULIA,
    GURU ITU PAHLAWAN UNTUK NKRI
    TIDAK ADA ALASAN LAIN, KESEJAHTERAAN GURU WAJIB NO 1….
    SEJAHTERALAH GURU,KARYAMU MEMBUAT BANGSA INI JADI MAKMUR DAN CERDAS
    SELAMAT H U T PGRI TANGGAL 25 NOV 2012
    Pokoknya ATUR aja…

  6. Perhatikan juga nasib guru honorer yg dangkat/SK Dari kepala sekolah..perhatikan juga nasib guru honor yang mulai aktif ngajar Th 2005 k atas

  7. Kenapa harus dipersoalkan kalo jumlah anggaran negara yang paling banyak dipakai utk menggaji guru. Toh kenyataan nya jumlah guru itu memang yg paling banyak dan memang harus banyak. Itukan suatu konsekwensi yg tidak bisa dipungkiri. Jadi marilah berfikir secara realita.

  8. Alhamdulilah kami bersyukur sekali dengan kenaikan ini, mudah2an dengan meningkatnya kompensasi bagi guru, mutu pendidikan di negara inipun akan lebih baik, karena dengan sumber daya manusia yang berkualitas bangsa kita akan menjadi bangsa yang mampu diharapakan oleh semua rakyatnya.

  9. he he aku setuju banget anggaran pddkan naik alias guru jadi perhatihan lebih dari pada dikorup,tolong kawas agar sampai sesuai rencana. Jangan hiraukan pendapat pns non guru,yg penting hai guru perlihatkan profesionalmu negeri ini adalah bentukanmu hasilnya tentu 15-20 th kedepan dengan catatan pengambil kebijakan negeri ini bukan amburandul.banyak yg bilang siswa2 sekarang kurang etika ini adalah imbas dari prilaku orang2 yg harus dicontoh malah tak memberi tauladan ayo guru tingkatkan pengabdianmu jangan pikirkan apa ini angin surga,yg jelas pengabdianmu adalah amalmu syukurilah kalau memang jadi kenyataan

  10. kepad yth,di pusat kalau boleh jangan samakan anggaran pusat dengan kami di papua,krn kami di papua daerah yang sangat sulit dengan medan krn itu papua bisa 10% itu harapan kami

  11. Yg plng pntng d prhtkn jga gru non pns krna slma ini yg slalu d suruh ngisi adalah gru no pn sementara yg pn krjaannya duduk2 aj.gt

  12. Alhamdulillah,puji syukur kepada Allah telah melimpahkan rezkyNya melalui tunjangan sertifikasi yang sangat berarti bagi kami,yang kehadirannya sangat dinantikan,walaupun datangnya kadang terlambat tidak apalah karena semua harus melalui proses .

  13. Epung ……Siapa bilang guru PN kerjaannya duduk2 aja,kadang2 yang berdiri donk…..! Kalau guru ngajar kan kadang duduk2 kadang berdiri juga donk.Apa guru PN ditempat Epung kayak gitu to,kl kayak gitu berarti bukan guru yang profesional,betul betul betul !

  14. saya harap dan minta pemerintah juga memperhatikan nasib guru non PNS, karena dilihat dari fakta yang ada guru non PNS hanya dapat gaji kurang dari 300.000 per bulan buat kebutuhan sehari hari saja itu sangat tidak layak..sungguh memperihatinkan.pdahal tugas dan tanggung jawab mereka sama dengan guru yang PNS.
    pemerintah tolong perhatikan dan perjuangkan nasib mereka……….

  15. Pak saefudin yang sabar ya,berdoa dan tawakal percayalah GUSTI ALLAH tidak tidur,pasti akan mendengar apa yang menjadi permintaan UMATNYA yang sabar dan tawakal.Saya dulu ( th 83 )juga pernah merasakan apa yang dirasakan oleh Pak Saefudin.Honor guru wiyata bhakti satu bulan cuma Rp 3.000,- ,jika PNS menerima gaji rasanya kayaknya gimana2 gitu. Masih mendingan jaman sekarang PNS ada beban wajib jam mengajar,kalau dulu tidak ada beban wajib jam mengajar,tidak jarang PNS yang mangajar penuh apabila di sekolah tersebut ada guru wiyata bhakti.Tidak sedikit guru wiyata bhakti yang mengerjakan tugas melebihi tugas guru PNS.Kalau dulu kemungkinan terjadi kondisi apa yang diutarakan oleh Pak Epung,kalau guru kerjaannya du2k2 saja sementara tugas dibebankan pada guru wiyata bhakti.Kalau sekarang banyak sekolah akan menolak apabila ada seseorang yang melamar untuk menjadi guru wiyata bhakti karena akan mengurangi beban mengajar guru PNS yang nota benenya apabila beban mengajar kurang akan mempengaruhi tunjangan yang diterima.

  16. Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
    Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
    Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
    Sebagai prasasti trimakasihku tuk pengabdianmu
    ……………………………………………………………………
    ……………………………………………………………………
    Syair lagu itu selalu terngiang di telingaku…..
    Terima kasih wahai anak didik ku
    Berkat doa kalian
    Telah terbayar pengabdian gurumu
    Doakan pula agar pembayaran tunjangan bisa tepat waktu.
    Amin ya robbal allamin !

  17. BAGI GURU NON PNS, HENDAKNYA BERSABAR DAN TAWAKAL KEPADA ALLAH SWT,,, SEMOGA KALIAN YG MENJADI GURU HONORER MENDAPAT BAROKAH DAN LIMPAHAN RAKHMAT-NYA, AMIN,,,, KAMI SELALU BERDO,A SEMOGA PARA GURU HONORER BAIK YAG DI SD, SMP DAN SMA TAHUN INI DIANGKAT MENJADI PNS, PALING TIDAK JELAS PENGGAJIANNYA ! AMIN YA ROBBULALAMIN :)

  18. Mohon kepada yg koment agak miring tentang Guru,,,mesti dipikir dulu sebelum menulis,, saya pun komunitas non guru, merasa tidak tega kalau menulis miring tentang kenaikan gaji untuk PNS Guru,, Kenapa ? Karena se tahu saya, walau Guru di naikan gaji dan tunjangan nya,, gak ada apa-apanya di banding anda-anda sebagai pengusaha sukses,,,, terima kasih,, Bersabar dan tetap Tabah wahai para Guru di seluruh Negeri tercinta ini :)

  19. tambahan 10 t itu karena penambahan kuota sertifikasi 2013 yang jumlahnya mencapai ratusan ribu orang, bukan gaji yang sudah ada menjadi naik berapa kali lipat brur..

  20. alhamdulillah,,,,semoga apa sj yg ada dalam berita tersebut bukan cm omongkosong,yg paling penting usahakan dan mohon perhatianx kepda guru honorer,,,
    makasihhh,,,,,,,,,,,

  21. setiap tahun kenaikan gaji bukan dinikmati guru PNS saja…toh semua PNS walau bukan dr guru juga mengalami kenaikan gaji?
    kenapa selalu guru dan guru yang menjadi sorotan? kenapa tidak ada yang komen tentang renumerasi?
    bagi guru NON PNS mereka jg mendapat gaji dr pemerintah dg adanya insentif (bagi yg belum sertifikasi) dan yg sdh sertifikasi gajinya sama dg guru PNS. Apalagi yg sdh mendapat SK inpassing, gajinya sdh melebihi guru PNS yg mulai 0 tahun. mereka sdh mendapat SK dg kepangkatan yang tinggi, itu semua perhatian pemerintah demi penghargaan untuk pengabdian para guru honorer dan gajinya sama dg yg PNS.

  22. Aku tak peduli gajiki rendah, aku juga tak peduli kenaikan gaji, aku tak peduli orang melecehkanku omar bakri, aku juga tak peduli kenaikan pangkat, yang kupedulikan adalah BAGAIMANA SISWAKU dapat mandiri berkarya mandiri atau berguna bagi orang lain dan menjadi pelopor kemandirian … bravo GURU INDONESIA

  23. Semoga DPR Menyetujui kenaikan gaji pokok tahun 2013, apa yang diusulkan oleh pemerintah ( Menteri Pendidikan ) nuwun

  24. Wahai bapak ibu guru jasamu tiada tara, aku bisa baca karna guru aku bisa menulis karna guru aku bisa beretika karna guru aku bisa mandiri karna guru, tugasmu sungguh mulia mencerdaskan kehidupan anak bangsa, wahai bpk presiden wahai bpk mendikbud, utamakan kesejahtraan guru pns / non pns agar anak istrinya menikmati hasil jerih payahnya,, tanpa bapak ibu guru negara takan mungkin bisa maju dan berkembang,, trimakasih guruku jasamu tak kulupakan sampai akhir hayatku

  25. bukan mikir naiki gaji pns/guru, coba pikirin pns pensiun dapat pesangon jauh diatas pesangon dpr hanya lima th masa bakti 4D, malas kerja ,cukup pasilitas dan korup lagi

  26. ass.wr.wb. bapak dan ibu yang baik yang bergerak di dalam dunia pendidikan maari kita bersama-sama melaksanakan amanah dari allah swt,dan dari amanat UUD 1945,agar kita bisa memberikan sumbangsih untuk bangsa dan negara didalam pendidikan,bekerja dengan baik,mendidik siswa dengan baik, bayangkan oleh ibu dan bapak kesejahtraan kita semakin di perhatikan oleh pemerintah di bandingkan jaman orde baru,jadi kita harus bersukur kepada allah swt,dengan cara menjalankan amanah ini dengan iklas,coba kalau di indonesia gurunya cuman satu bapak atau ibu atau saya hanya satu banyangkan tiap bulan gajih bapak berapa ?heheehehe

  27. baguslah klau gtu””’yang lbih penting lagi jangan lupa bubarin UN….Ingat,,,,terlalu banyak buang uang negara untuk proyek UN yang tidak jelas hasil ….dan tujuanya,,,mendingan uang Un untuk menambah bantuan sarana dan prasarana sekolah khususnya sma di daerah terisolir….terpencil …

  28. disayangkan pemerintah tidak bijak mengangkat guru. padahal banyak guru yang berkualitas baik Negeri maupun suasta hanya karena mereka tidak memakai uang suap tidak diangkat yang kini memanggunakan K2 yang juga mereka harus menggunakan uang. kasihan sekali guru yang lama mengabdi dan lebih berkualitas tidak memiliki uang harus terus menghonor yang cukup buat ongkos

  29. kalau yang berkomentar disini adalah guru saya harapkan bisa menggunakan bahasa yang baik dan sopan, sampaikan kritiknya dengan bahasa selayaknya orang terdidik, maaf ya buat guru-guru

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s